Menkes Budi: Vaksinasi COVID-19 Lansia Tekan Kematian dan Kurangi Beban RS

Menkes Budi: Vaksinasi COVID-19 Lansia Tekan Kematian dan Kurangi Beban RS

Terbaiknews - Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikanvaksinasi terhadap lansia bisa...

, Jakarta - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, vaksinasi terhadap lansia bisa menekan kematian akibatÂCOVID-19 dan mengurangi beban rumah sakit (RS). Ini karena kelompok lansia termasuk rentan terpapar virus Corona dan memiliki penyakit komorbid (jantung, diabetes, paru-paru, hipertensi).

Selain itu, kematian akibat COVID-19 lebih banyak terjadi pada lansia. Dari total populasi penduduk Indonesia, 10 persen diisi lansia. Lalu, diketahui 50 persen lansia meninggal akibat COVID-19.Â

"Kita melindungi teman-teman yang rentan. Usia di atas 60, mereka juga rentan untuk tertular COVID-19," ujar Budi saat temu media pada Minggu, 7 Februari 2021.

"Dengan adanya vaksinasi dapat menekan kematian, beban ke rumah sakit bisa dikurangi, beban tenaga kesehatan ikut berkurang. Sehingga sebagian besar lansia dapat dicegah dari paparan virus Corona."

Kementerian Kesehatan pun bersyukur, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah menyetujui penggunaan izin darurat (Emergency Use Authorization/EUA) vaksin Sinovac untuk lansia. Vaksinasi COVID-19 lansia dapat terlaksana.

"Lansia ini risikonya tinggi, jadi kita bersyukur setelah BPOM mengeluarkan Emergency Use Authorization untuk vaksin Sinovac bisa diberikan kepada orang di atas 60 tahun," imbuh Budi Gunadi.

"Ini juga berdasarkan uji klinis tahap ketiga di beberapa negara, sehingga Kemenkes bisa segera memberikan vaksinasi COVID-19 bagi orang yang usianya 60 tahun ke atas."

Â

Â

Â

**

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.