Hadapi Lonjakan COVID-19, Menkes Budi Izinkan Perawat Tanpa Surat Tanda Registrasi untuk Bertugas

Hadapi Lonjakan COVID-19, Menkes Budi Izinkan Perawat Tanpa Surat Tanda Registrasi untuk Bertugas

Terbaiknews - Jakarta - Upaya menghadapi lonjakan COVID-19Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengizinkan...

, Jakarta - Upaya menghadapi lonjakan COVID-19, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengizinkan perawat yang belum punya Surat Tanda Registrasi (STR)Âuntuk bekerja. Upaya ini sekaligus mengatasi kekurangan tenaga kesehatan di lapangan.

"Kita menghadapi kekurangan dokter dan perawat. Saya sudah merelaksasi beberapa aturan yang mengizinkan agar perawat-perawat belum memiliki Surat Tanda Registrasi untuk boleh bekerja. Itu ada sekitar 10.000 perawat," ujar Budi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (11/1/2021).

Tak hanya perawat saja, Budi juga sedang mengkaji supaya dokter dapat bisa langsung bekerja, terlebih lagi menangani pasien COVID-19. Pembahasan tersebut dilakukan bersama Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dan tim Kementerian Kesehatan.

"Saya sekarang sedang mengkaji dengan IDI dan tim Kemenkes agar dokter-dokter juga bisa begitu (boleh kerja tanpa surat izin praktik). Ada sekitar 3.000-4.000 dokter yang bisa kita masukkan (langsung bekerja)," jelasnya.

"Di masa pandemi COVID-19 ini, kita memang butuh juga tenaga perawat, karena kasihan mereka yang ada sekarang (bertugas di lapangan) sudah letih."

Â

Â

Â

**

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

COVID-19 Detais Indonesia