Efektif 94,1 Persen, Moderna Ajukan Otorisasi Darurat Penggunaan Vaksin COVID-19 di AS

Efektif 94,1 Persen, Moderna Ajukan Otorisasi Darurat Penggunaan Vaksin COVID-19 di AS

Terbaiknews - Jakarta - Perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) Moderna telah mengajukan permintaan otorisasi...

Efektif 94,1 Persen, Moderna Ajukan Otorisasi Darurat Penggunaan Vaksin COVID-19 di AS Jakarta - Perusahaan farmasi Amerika Serikat (AS) Moderna telah mengajukan permintaan otorisasi darurat vaksin COVID-19 kepada regulator AS, pada Senin (30/11/2020). Permohonan itu diajukan setelah hasil studi terbaru menyatakan bahwa vaksin tersebut memiliki tingkat kemanjuran mencapai 94,1%.

Hasil sementara yang dilaporkan sebelumnya, menyatakan bahwa vaksin Moderna 94,5% efektif melawan virus corona.

Melansir laman DW Indonesia, Selasa (1/12/2020), Moderna juga mengatakan akan "mengajukan permohonan izin pemasaran bersyarat kepada Badan Pengawas Obat Eropa (European Medicines Agency/EMA)."

Pengumuman tersebut menambah deretan kemajuan dalam upaya memulaiÂvaksinasi terbatas, karena tingkat infeksi virus corona di seluruh dunia terus meningkat.

Moderna mengatakan proses peninjauan bergulir dengan EMA, serta otoritas regulator di Kanada, Swiss, Inggris, Israel, dan Singapura, telah dimulai. Proses ini bertujuan untuk mempercepat otorisasi. Perusahaan farmasi ini mengatakan uji coba vaksin sejauh ini tidak menimbulkan masalah keamanan yang serius.

Moderna akan menjadi perusahaan farmasi pertama yang mengajukan otorisasi vaksinnya di Uni Eropa (UE). Pekan lalu, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengumumkan bahwa UE telah menandatangani kontrak hingga 160 juta dosis vaksin Moderna.

Kontrak itu memuat rencana pengiriman awal 80 juta dosis vaksin, dan 80 juta dosis tambahan selanjutnya. Moderna mengatakan vaksinnya dapat dikirim ke UEÂpaling cepat bulan Desember, jika mendapat persetujuan di Eropa.Â

COVID-19 Detais Indonesia