Diet Keto Bermanfaat Lawan Diabetes, Kanker hingga Alzheimer

Diet Keto Bermanfaat Lawan Diabetes, Kanker hingga Alzheimer

Terbaiknews - JAKARTA - Diet ketogenik atau keto adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang menawarkan...
JAKARTA - Diet ketogenik atau keto adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Faktanya, lebih dari 20 penelitian menunjukkan bahwa jenis diet ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan.
Dilansir dari laman Healthline, diet keto bahkan bermanfaat melawan diabetes, kanker, epilepsi, dan penyakit alzheimer. Pada dasarnya, diet ini melibatkan pengurangan asupan karbohidrat secara drastis dan menggantinya dengan lemak. Penurunan karbohidrat membuat tubuh berada dalam keadaan metabolisme yang disebut ketosis. (Waspada! Anak Lemas dan Tak Konsentrasi Bisa Jadi Kurang Zat Gizi Mikro)
Ketika itu terjadi, tubuh menjadi sangat efisien dalam membakar lemak untuk energi. Ini juga mengubah lemak menjadi keton di hati, yang dapat memasok energi untuk otak. Diet keto bisa menyebabkan penurunan besar-besaran gula darah dan kadar insulin bersamaan dengan peningkatan keton, yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Ada beberapa versi diet keto, di antaranya diet ketogenik standar (SKD). Ini adalah dietyang sangat rendah karbohidrat, berprotein sedang, dan tinggi lemak. Biasanya mengandung 75% lemak, 20% protein, dan hanya 5% karbohidrat.
Diet ketogenik siklis (CKD), melibatkan periode pemberian kembali karbohidrat tinggi, seperti 5 hari ketogenik diikuti oleh 2 hari tinggi karbohidrat.
Diet ketogenik bertarget (TKD), memungkinkan menambahkan karbohidrat saat berolahraga. Diet ketogenik protein tinggi, mirip dengan diet ketogenik standar, tetapi mengandung lebih banyak protein, yang mana rasionya 60% lemak, 35% protein, dan 5% karbohidrat.

Diet keto cara yang efektif menurunkan berat badan dan menurunkan faktor risiko penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa diet keto jauh lebih unggul daripada dietrendah lemak yang sering direkomendasikan. Terlebih dietnya sangat mengenyangkan sehingga bisa menurunkan berat badan tanpa menghitung kalori atau melacak asupan makanan.
Diet keto berawal sebagai alat untuk mengobati penyakit neurologis seperti epilepsi. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa diet keto juga memiliki manfaat untuk berbagai kondisi kesehatanyang berbeda. Diet keto digunakan untuk mengobati beberapa jenis kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor.

COVID-19 Detais Indonesia