COVID-19 Berdampak pada Pelayanan dan Pengobatan Penyakit Tidak Menular, Solusinya?

COVID-19 Berdampak pada Pelayanan dan Pengobatan Penyakit Tidak Menular, Solusinya?

Terbaiknews - Para pakar multidisiplin dari enam negara Asia Tenggara termasuk Indonesia menyerukan pentingnya...

, Para pakar multidisiplin dari enam negara Asia Tenggara termasuk Indonesia menyerukan pentingnya penanganan penyakit tidak menular (PTM) di masa pandemi COVID-19.

PTM yang meliputi penyakit kardiovaskular, kanker, pernapasan kronis, diabetes, dan gangguan mental, telah mengakibatkan lebih dari 70 persen kematian di dunia. Selain itu, PTM juga menimbulkan beban finansial dan sosial yang sangat besar di berbagai negara.

Di Indonesia, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2016, dilaporkan angka kematian di Indonesia sebesar 1.863.000 jiwa, di mana 35 persen dari angka tersebut disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

â&;&;Meskipun tersedia banyak pengobatan yang efektif, PTM seperti penyakit kardiovaskular terus menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Hal ini diperparah dengan adanya pandemi COVID-19 yang telah mengganggu upaya pencegahan dan pelayanan pengobatan PTM di berbagai negara, termasuk Indonesia,â&;&; ujar Dr. dr. Anwar Santoso, SpJP(K), FIHA., Dewan Penasihat Dewan Etik Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dalam keterangan pers Pfizer, Sabtu (17/10/2020).

â&;&;Perlu ada upaya untuk terus melanjutkan penyediaan layanan kesehatan esensial dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan PTM, khususnya penyakit kardiovaskular,â&;&; tambahnya.

Â

Â

**

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

COVID-19 Detais Indonesia