Tidak Hanya Sekedar Hiburan, Musik juga Memiliki Segudang Manfaat

Tidak Hanya Sekedar Hiburan, Musik juga Memiliki Segudang Manfaat

Terbaiknews - Penjelasan Musik secara UmumDalam hal ini kami yakin bahwa kalian pasti pernah mendengarkan musik,...

Penjelasan Musik secara Umum

Dalam hal ini kami yakin bahwa kalian pasti pernah mendengarkan musik, bahkan mungkin setiap hari kalian selalu memutar lagi favorit. Mungkin salah satu alasan mengapa orang-orang sering memutar musik karena salah satu manfaat dan fungsi musik ialah membuat perasaan pendengarnya senang.Â

Musik adalah cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara kedalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami manusia (Banoe.2003:288). Menurut Jamalus (1988:1) musik adalah suatu hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik, yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik, yaitu irama, melodi, harmoni, bentuk/struktur lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan. Senada dengan Jamalus, menurut Soeharto (1992:86) seni musik adalah "pengungkapan gagasan melalui bunyi yang unsur dasarnya berupa melodi, irama, dan harmoni dengan unsur pendukung berupa bentuk, sifat, dan warna bunyi".

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdiknas,2001) menyatakan musik adalah nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi). dapat disimpulkan bahwa musik merupakan cabang seni yang timbul dari pikiran dan perasaan manusia yang dapat dimengerti dan dipahami berupa nada atau suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama lagu dan keharmonisan sebagai suatu ekspresi diri.

Manfaat mendengarkan musik saat belajar

Peranan Musik dalam bidang pendidikan tentu saja akan sangat baik, dimana musik akan mampu meningkatkan kinerja otak manusia untuk lebih berfikir, membuat rileks segala pikiran. Dalam dunia pendidikan, musik adalah salah satu cara untuk merangsang pikiran sehingga siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan lebih baik. Musik juga bisa digunakan untuk media pembelajaran karena musik mampu menyeimbangkan antara otak kanan dengan otak kiri, ini berarti menyeimbangkan antara aspek intelektual dengan aspek emosional. Dalam pembelajaran agar proses belajar dapat berjalan dengan baik, harus ada keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri, apalagi untuk materi-materi yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Selain itu mengapa musik bisa dijadikan media pembelajaran karena musik dapat merangsang kecerdasan. Musik mempengaruhi perasaan dan perasaan akan berpengaruh kepada proses belajar mengajar "Jika perasaan positif dan pembelajar berada dalam keadaan santai dan terbuka, maka pembelajaran dapat naik tingkat ke areal Neokorteks (otak belajar). Jika perasaan negatif dan pembelajar merasa tertekan mereka cenderung turun tingkat ke otak reptil dengan tujuan bukan untuk belajar melainkan untuk bertahan. Belajar akan lambat dan bahkan terhenti." (Meier, 2000: 85).

Pengaruh baik mendengarkan musik untuk kesehatan

Beragam jenis musik dapat meninggalkan kesan dan pengaruh yang berbeda pada pendengarnya. Musik dapat membuat seseorang merasa santai, sedih, menangis, dan tertawa. Bahkan musik diperkirakan bagus untuk kesehatan jantung. Meski tidak dapat memperbaiki masalah jantung secara menyeluruh, setidaknya musik dapat membantu dalam menghilangkan stres, dan sedikit mempermudah masa penyembuhan setelah proses operasi jantung. Nada dan ritme musik dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, denyut jantung, dapat meningkatkan kemampuan mengingat, belajar, dan berpikir. Musik juga bisa membantu kita dalam memperbaiki kualitas tidur. Banyak orang yang menderita insomnia atau gangguan susah tidur lainnya. Hal ini bisa menjadi masalah serius jika kekurangan tidur. Dikutip dari liveforlivemusic.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik atau santai dalam waktu satu jam sebelum tidur secara signifikan bisa meningkatkan kualitas tidur.

Musik bisa memperbaiki mood dan meningkatkan perasaan bahagia

Tidak hanya baik untuk kesehatan, mendengarkan musik ternyata juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan mood. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mendengarkan musik dengan nada yang ceria dapat meningkatkan mood seseorang setidaknya selama dua minggu. Musik juga bisa membuat seseorang menjadi lebih ceria. Tidak hanya itu, terapi musik juga bermanfaat mengurangi gejala dari depresi, melawan stres, dan meningkatkan konsenstrasi, memperbaiki memori, dan menjaga kesehatan otak.

Ajakan untuk mendengarkan musik

VIDEO PILIHAN