Psikologi dan Marketing Ala Kpop: Idola dan Penggemar Memang Saling Membutuhkan

Psikologi dan Marketing Ala Kpop: Idola dan Penggemar Memang Saling Membutuhkan

Terbaiknews - Dunia gemerlap idola Korea Selatan memang tiada habisnya untuk ditelaah. Kalau diumpamakan sebagai...

Dunia gemerlap idola Korea Selatan memang tiada habisnya untuk ditelaah. Kalau diumpamakan sebagai bawang, tiap lapisan dunia KpopÂ(Korean Pop) bisa dikupas satu-satu dengan tampilan sisi yang berbeda satu sama lain.

Korea Selatan memang sudah jauh-jauh waktu gencar melakukan difusi budaya ke seluruh penjuru dunia lewat berbagai taktik. Tengok saja sejumlah stasiun penyiaran Korea Selatan yang membuka 'cabang' di negara lain dan melakukan akulturasi budaya dengan negara tempatnya menaruh 'cabang'. Kini, budaya Korea Selatan dapat diterima dengan baik, bahkan seakan sudah menjadi bagian hidup oleh segelintir kelompok masyarakat.

Menjamurnya budaya Korea Selatan, khususnya KpopÂke seluruh dunia dapat menjadi parameter bahwa Negeri Ginseng itu berhasil mengiklankan budayanya dengan baik. ÂLagu-lagu berbahasa Korea seakan menjadi konsumsi wajib pecinta boy group dan girl group Korea Selatan. Sejumlah lagunya pun ada yang berhasil tembus music chart internasional, mengindikasikan bahwa musikKpopÂdidengarkan banyak orang. Belum lagi, beberapa grupÂKpop juga sudah terkenal mancanegara dengan penggemar skala internasional.

Namun ternyata, tidak seluruh boy group ataupun girl group dari Korea Selatan mempunyai pencapaian yang sama. Beberapa sukses membangun nama baik dalam hitungan tahun, beberapa membutuhkan waktu yang lebih lama, beberapa ada yang bubar walau baru seumur jagung.

Lantas, apa faktor yang menentukan keberhasilan suatu grupÂKpop? Â

ChartÂsebagai Parameter

Membicarakan kesuksesan, salah satu parameter kuantitatif apakah lagu KpopÂsukses di pasaran adalah chartÂatau tangga lagu. Semakin tinggi sebuah lagu bertengger di chart, maka bisa dipastikan lagu itu banyak didengar oleh orang dari seluruh penjuru dunia.

Dewasa ini, banyak musik grup KpopÂyang berhasil menduduki chartÂinternasional bergengsi seperti BillboardÂatau Worldwide iTunes Song Chart. Sebut saja grup KpopÂBTS yang berhasil menduduki peringkat pertama pada chart Billboard Hot100, begitu pula grup Blackpink dengan peringkat pertamanya pada Billboard Artist 100 Chart.

Andaikan kita bekerja sebagai promotor budaya Korea Selatan, mungkin kita bisa menghela napas puas sejenak dan berpikir, 'hah, untung Kpop sudah terkenal dimana-mana. Pekerjaanku sudah selesai sampai disini'.

Namun sesungguhnya pemikiran itu tidak bisa dibenarkan juga. Dibalik suksesnya Kpop, banyak pula kisah grup idola Korea Selatan yang berakhir gagal dalam karirnya dan memutuskan untuk membubarkan diri. Ada juga agensihiburan Korea Selatan yang menuju ambang kebangkrutan karena pengeluaran yang tidak sebanding dengan pemasukannya.

Kemudian muncul pertanyaan baru yang mirip dengan sebelumnya: mengapa ada grup idola KpopÂyang sukses, namun ada juga yang gagal?

VIDEO PILIHAN

COVID-19 Detais Indonesia