Pencipta Tidak Dapat Royalti Lagu Terpesona hingga Akhirnya Ditawari Kerja Sama

Pencipta Tidak Dapat Royalti Lagu Terpesona hingga Akhirnya Ditawari Kerja Sama

Terbaiknews - JAKARTAKOMPAS.com -Semuel Takatelidepencipta lagu "Terpesona" mengaku tidak mendapatkan royalti...

JAKARTA, KOMPAS.com -Semuel Takatelide, pencipta lagu "Terpesona" mengaku tidak mendapatkan royalti setelah tembang tersebut mendadak viral di berbagai platform media sosial.

"Enggak, saya enggak pernah dapat royalti. Makanya saya pakai publisher, supaya bisa diawasi semua. Ada yang cover, tapi tidak minta izin, nah itu dia (publisher) kasih tahu bahwa ini ada penciptanya, bukan tidak ada, gitu," kata Semuel saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Sabtu (6/2/2021).

Lagu Terpesona Viral, Semuel Takatelide: Tidak Pernah Terpikirkan Sampai Seperti Ini

Namun , kini ia telah bekerja sama dengan salah satu perusahaan musik di Jakarta untuk memasuki dapur rekaman lagi. Terlebih, agar lagu tersebut bisa mendapatkan royalti.

Menurut Semuel, perusahaan musik tersebut yang mendatangi dia untuk menjalin kerja sama terkait lagu "Terpesona".

"Saat ini sudah (mendapat royalti). Kan sudah ada perjanjian kontrak. Jadi sudah pasti, perbulan sudah ada itu," ujar Semuel melanjutkan.

Di Balik Cerita Lagu Terpesona yang Jadi Yel Yel TNI-Polri

Semuel sendiri memaklumi banyak orang yang tidak mengenal dirinya dan kini lebih mengenal karyanya.

"Makanya, orang itukan booming se -Indonesia, di luar negeri juga. Nah, kalau misalnya itukan kami ini hanya orang daerah. Makanya tidak dikenal," ujar Semuel.

Terlepas dari itu, Semuel mengizinkan semua pihak meng-cover lagu "Terpesona". Namun, dengan catatan, harus meminta izin terlebih dahulu kepada dirinya.

Semuel Takatelide Ungkap Awal Mula Terciptanya Lagu Terpesona yang Mendadak Viral

"Kalau ada yang telepon saya, 'Pak, saya mau pakai Bapak punya lagu', nah saya kasih nomor telepon publisher langsung saja, berurusan langsung saja dengan publisher. (Intinya) Asal ada izin, nah gitu," tegas Semuel.

Semuel berujar, ia mulai menciptakan "Terpesona" sekitar 1995 atau 1996 untuk keperluan kompetisi lomba berbalas pantun menggunakan syair lagu.