Gugatan Keresahan Mahasiswa terhadap Covid-19

Gugatan Keresahan Mahasiswa terhadap Covid-19

Terbaiknews - Pemberitaan tentang wabah Pandemi Covid-19 kian hari makin menimbulkan dampak yang nyata. Mulai dari...

Pemberitaan tentang wabah Pandemi Covid-19 kian hari makin menimbulkan dampak yang nyata. Mulai dari penyebarannya yang sangat masif, hingga jatuhnya korban jiwa yang jumlahnya sangat banyak.

Selain itu, salah satu dampak yang ditimbulkan juga adalah terhentinya aktivitas hampir di seluruh aspek lini/elemen mobilitas masyarakat. Termasuk kami para mahasiswa.

Proses belajar-mengajar yang sejatinya di dalam kampus, kini beralih ke proses yang berbasis online (kuliah di rumah). Alih-alih mendapatkan prospek yang diinginkan, malah banyak diantara kami yang mengeluh dengan bertumpuknya tugas-tugas dan kepanikan yang timbul akibat penyebaran pandemi covid-19 ini.

Masalah tidak sampai di situ saja. Di beberapa perguruan tinggi, telah mengeluarkan surat keputusan akan diberlakukannya kembali proses perkuliahan kampus, sesuai dengan tanggal yang tertera di papan pengumuman.

Saya sejenak berpikir, Apakah kampus sudah bisa memastikan di tanggal yang telah ditetapkan tersebut, situasi sudah mulai pulih atau membaik?, dan atau Apakah para birokrasi kampus akan bertanggung jawab penuh pada para peserta didiknya (mahasiswa), jika akan ada potensi yang lebih besar penularan covid-19 ketika kebijakan ini ditetapkan.

Akhirnya kami mengikuti serangkaian kebijakkan untuk terpaksa kembali ke rumah masing-masing. Dan semoga kami akan diberikan kesempatan di lain waktu untuk bisa kembali dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi masing-masing.

Banyak diantara kami yang masih sangat penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi ketika Virus Corona (covid-19) ini membuat kegaduhan di negara tercinta. Hingga memutuskan penulusuran lewat skema literasi-digital.

Banyak informasi yang ditemukan terkait membludaknya krisis ekonomi di indonesia. Baik yang dirasakan dari tingkatan pusat (ibu kota negara) hingga implikasinya sampai ke tingkat lokal (daerah).

Di titik ini, saya termasuk salah satu orang yang sangat resah dalam menyikapi data fakta tentang dampak penyebaran covid-19 terhadap ekonomi masyarakat (kelas menengah-bawah).

Seorang pengusaha mikro yang biasanya menjajakan dagangannya di pasar, kini omsetnya menurun drastis. Dan bisa di pastikan akan gulung tikar (bangkrut).

Belum lagi dampak ekonomi di keluarga saya. yang hanya menggantungkan hidupnya pada potensi ikan di laut (Nelayan), tapi kini tinggal menunggu hari akan dihentikannya aktivitas profesi tersebut.

VIDEO PILIHAN

COVID-19 Detais Indonesia