10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albino

10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albino

Terbaiknews - Warna putih biasanya dianggap sebagai warna melambangkan kesucian dan kemurnian. Karena itu segala...

Warna putih biasanya dianggap sebagai warna melambangkan kesucian dan kemurnian. Karena itu segala sesuatu yang berwarna putih biasanya dianggap indah dan anggun, misalnya bunga yang bewarna putih. Begitu pula dengan hewan. Ada banyak hewan yang secara alami berwarna putih sehingga penampilan mereka jadi tampak cantik.

Berikut ini ada 10 potret yang menampilkan hewan-hewan yang tubuhnya berwarna putih bersih. Warna putih mereka bukan sekadar variasi, dan bukan pula karena kelainan genetik seperti albino atau leukisme. Tapi hewan-hewan tersebut memang secara alami berwarna putih. Ini dia foto mereka.

1. Salah satu hewan yang paling populer dengan warna putihnya adalah beruang kutubÂ

10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albinoearth.org

Tapi tahukah kamu bahwa rambut beruang kutub sebenarnya tidak berwarna? Laman Earth Rangers menyebut bahwa rambut beruang kutub sebenarnya transparan, namun rambutnya itu memencarkan cahaya matahari ke semua warna sehingga terlihat putih di mata kita. Dengan rambut yang tampak putih itu beruang kutub bisa berkamuflase di kawasan kutub yang ditutupi salju.

2. Hewan lain penghuni Kutub Utara yang tubuhnya berwarna putih polos adalah rubah arktikÂ

10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albinothinglink.com

Namun rubah arktik (Vulpes lagopus) tidak selalu berwarna putih, karena rambut mereka bisa berubah warna pada musim panas menjadi abu-abu atau cokelat di bagian punggung. Rambut rubah ini sendiri kerap diambil oleh manusia untuk bahan pakaian. Bahkan mereka diternakkan di Kepulauan Pribiloff, Alaska, sebagai salah satu kegiatan ekonomi masyarakat setempat.

3. Mirip dengan rubah arktik, ermine juga adalah hewan yang warna rambutnya bisa berubah tergantung musimÂ

10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albinoanimalia.bio

Ermine (Mustela erminea) alias musang ekor pendek memiliki rambut berwarna putih pada musim dingin, dengan sedikit warna hitam di ujung ekornya. Tapi pada musim panas, warna rambut mereka berubah jadi cokelat. Seperti rubah arktik pula, ermine sering diburu untuk diambil rambutnya yang berwarna putih bersih untuk dijadikan bahan pakaian.

4. Masih dari belahan bumi utara, ada terwelu arktik, yang merupakan spesies terwelu terbesar di Amerika UtaraÂ

10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albinonationalgeographic.com

National Geographic menyebut bahwa terwelu arktik (Lepus arcticus) memiliki telinga pendek yang berfungsi memperkecil luas permukaan tubuh mereka, sehingga membuat tubuh mereka lebih baik dalam menyimpan panas. Warna putih terwelu ini akan berubah jadi abu-abu pada musim panas untuk menyesuaikan dengan bebatuan di habitatnya.

5. Habitat bersalju juga jadi alasan kambing gunung memiliki rambut tebal berwarna putih seperti iniÂ

10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albinojapari-library.com

Kambing gunung (Oreamnos americanus) adalah pemanjat yang hebat. Mereka bisa dengan lincah meniti tebing terjal yang seringkali ditutupi es di kawasan Pegunungan Rocky, Amerika Serikat. Rambut mereka yang tebal bukan hanya melindungi dari suhu dingin pegunungan, tapi juga dari serangan dari predator atau dari sesamanya saat saling bertarung.

6. Mamalia lain yang memiliki warna putih adalah paus beluga, dan itu adalah ciri yang sangat unik di antara mamalia lautÂ

10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albinoinhabitat.com

Karena keunikan itu, paus beluga (Delphinapterus leucas) kerap disebut juga paus putih. Laman Live Science menyebut bahwa warna putih tersebut merupakan adaptasi terhadap habitat mereka di perairan sekitar Kutub Utara. Selain itu, paus beluga juga gak punya sirip punggung, sehingga mereka bisa berenang di bawah es dengan mudah.

7. Warna putih juga jadi ciri khas beberapa spesies angsa, misalnya spesies angsa terompetÂ

10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albinoallaboutbirds.org

Angsa terompet (Cygnus buccinator) mendapatkan namanya karena suaranya yang dianggap mirip terompet. Mereka adalah spesies angsa terbesar di Amerika Utara, dengan panjang mencapai 1,6 meter, bentang sayap 2,4 meter, dan berat 13,5 kg, seperti dilansir Animal Diversity. Selain putih polos, ada sebagian kecil angsa terompet yang bulunya berwana putih keabu-abuan.

8. Selain angsa terompet, burung kakatua putih juga terkenal dengan warna bulunya yang putih bersihÂ

10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albinoexoticbirdstore.com.br

Kakatua putih (Cacatua alba) adalah kakatua endemik Indonesia, lho. Mereka bisa ditemukan di Kepulauan Maluku. Bulu burung ini berwarna putih dengan sedikit hiasan warna kuning di bagian bawah sayap dan ekornya. Keunikan lain kakatua ini adalah mereka burung yang setia dan hanya akan kawin dengan satu pasangan seumur hidupnya.

9. Serangga juga ada yang berwarna putih, misalnya lalat putih iniÂ

10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albinoplantdoctor.co.nz

Meski namanya lalat putih, hewan ini sebenarnya bukan lalat. Mereka tergabung dalam ordo Hemiptera yang masih berkerabat dengan cicada dan aphid. Dilansir Planet Natural, lalat putih umumnya dianggap sebagai hama karena serangan mereka bisa membuat pertumbuhan tanaman terganggu dan rentan penyakit.

10. Kupu-kupu biasanya memiliki warna-warni yang indah, tapi kupu-kupu kubis unik karena justru berwarna putihÂ

10 Potret Hewan Berwarna Putih Alami, Bukan Karena Albinostuff.co.nz

Sesuai namanya, kupu-kupu kubis (genus Pieris) adalah pemakan kubis saat masih menjadi larva. Karena itu kupu-kupu ini sering dianggap hama oleh petani kubis. Kupu-kupu kubis memiliki persebaran yang luas, tapi mereka khususnya bisa ditemui di Eropa.

Itulah 10 potret hewan dengan warna putih alami, bukan karena albino atau leukisme. Kalau menurutmu, yang mana yang penampilannya paling cantik?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

COVID-19 Detais Indonesia