Usung Pencegahan HIV-AIDS, Tim UII Juara Tiga Sinacomp

Usung Pencegahan HIV-AIDS, Tim UII Juara Tiga Sinacomp

Terbaiknews - Kebanyakan masyarakat awam belum tahu bahaya seks bebasterutama pada remaja.
Kebanyakan masyarakat awam belum tahu bahaya seks bebas, terutama pada remaja.

,SLEMAN -- Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menoreh prestasi pada awal 2021. Kali ini, diraih delegasi Fakultas Kedokteran (FK) UII dari Scientific National Competition (Sinacomp) 2020 yang digelar daring Universitas Mataram.

Delegasi yang mengukir prestasi untuk poster publik itu terdiri dari Hanifah Rifda Nuraini, Anisa Sugiyanti dan Dwina Permata Sari. Penilaian awal dimulai dari voting Instagram, lalu lima finalis presentasi dan lakukan tanya jawab.

Sinacomp untuk cabang poster publik sendiri tahun ini mengambil tema penyakit infeksi. Hal tersebut mendorong delegasi untuk mengambil subtema mengenai pencegahan penyakit HIV-AIDS dengan judul Waspada HIV-AIDS Cegah dengan Setia.

Dwina mengatakan, poster yang mereka paparkan menekankan ke pencegahan memakai akronim yang mudah dipahami masyarakat yaitu Setia. Apalagi, penyakit HIV-AIDS sampai saat ini belum ditemukan obatnya, sehingga lebih baik dicegah.

"Setia ke pasangan dan tidak seks bebas, tidak memakai jarum suntik bersamaan, ibu hamil diberi obat antivirus dan awas hati-hati saat transfusi darah. Kami berharap dapat menekan angka HIV-AIDS di Indonesia yang sudah mengkhawatirkan," kata Dwina, Kamis (4/2).

Senada, Anisa berharap, masyarakat dapat memahami gejala HIV-AIDS, termasuk yang pertama dan paling sering muncul seperti sakit saat menelan dan muncul ruam. Ia menilai, mengenali gejala sejak dini akan mencegah berkembangnya HIV jadi AIDS.