Hadapi Jadwal Padat, Zidane Terapkan Kebijakan Rotasi Pemain

Hadapi Jadwal Padat, Zidane Terapkan Kebijakan Rotasi Pemain

Terbaiknews - Real Madrid melakoni jadwal padat dalam 22 hari mendatang.
Real Madrid melakoni jadwal padat dalam 22 hari mendatang.

, MADRID -- Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, menegaskan, ia bakal melakukan rotasi pemain demi menjaga performa Los Blancos selama melakoni jadwal padat dalam 22 hari mendatang. Kebijakan ini agaknya bakal langsung diterapkan Zidane saat Madrid menerima lawatan Cadiz pada jornada keenam La Liga Spanyol, Sabtu (17/10) malam WIB.
Partai yang akan digelar di Stadion Alfredo di Stefano itu akan menjadi laga pertama dari tujuh laga yang harus dilakoni Los Blancos dalam 22 hari mendatang. Berselang empat hari setelah menghadapi Cadiz, Madrid telah dijadwalkan meladeni permainan Shakhtar Donetsk di laga pembuka penyisihan Grup B Liga Champions, tengah pekan depan.
Kemudian, Los Blancos akan melakoni edisi El Clasico perdana musim ini, dengan melawat ke markas Barcelona, akhir pekan depan. Selama jadwal padat tersebut, Karim Benzema dkk akan menjalani tiga partai di pentas Liga Champions dan empat partai di kancah La Liga, sebelum akhirnya memasuki jeda internasional pada awal bulan depan.
Zidane mengakui, tim pelatih Madrid telah mengantisipasi jadwal padat ini dengan berencana melakukan rotasi pemain. Kebijakan ini pun telah diungkapkan kepada para penggawa Los Blancos.
''Untuk bisa meraih trofi pada musim kompetisi yang begitu panjang, kami harus melakukan rotasi pemain. Kami memiliki skuat yang cukup dalam dan barisan pemain yang mumpuni untuk menerapkan rencana ini,'' ujar pelatih asal Prancis itu seperti dilansir Reuters, Sabtu (17/10).
Mantan gelandang Real Madrid dan Juventus itu pun menyebut, dengan jadwal yang begitu padat, baik di level klub ataupun saat memperkuat timnas, para pemain memiliki waktu istirahat yang sedikit. Karena itu, salah satu cara agar kondisi fisik pemain tidak terkuras adalah dengan melakukan rotasi pemain dari satu laga ke laga berikutnya, seraya menjaga performa tim secara keseluruhan.
''Saya tidak mau mengeluh soal jadwal padat yang dilakoni pemain. Saya hanya menegaskan, betapa pentingnya kebijakan rotasi dalam sebuah tim. Saya kira, kami masih bisa meraih trofi pada musim ini kendati mengistirahatkan pemain dan melakukan rotasi,'' ujar Zidane.
Zidane pun memiliki kesempatan untuk melakukan rotasi pemain dan mengistirahatkan sejumlah pemain kunci Los Blancos di laga kontra Cadiz. Eder Militao, yang telah pulih dari cedera dan sudah kembali berlatih, bisa diturunkan di laga tersebut. Dengan kehadiran Militao, Zidane bisa mengistirahatkan salah satu bek tengah Madrid, yaitu Sergio Ramos ataupun Raphael Varane.

COVID-19 Detais Indonesia