Melesatnya Roda Bisnis PSG Jadi Bahan Studi Harvard

Melesatnya Roda Bisnis PSG Jadi Bahan Studi Harvard

Terbaiknews - PSG saat ini menjadi salah satu klub terkaya di dunia setelah masuknya Qatar Sports Investments. (FRANCK FIFE/AFP)

– Masuknya Qatar Sports Investments (QSI) dalam struktur Paris Saint-Germain (PSG) per 2011 membuat klub ibu kota Prancis itu melejit. Bukan hanya secara prestasi dengan PSG mendominasi kancah domestik, tetapi juga secara bisnis.

Nah, melesatnya bisnis Les Parisiens –julukan PSG–menjadi kajian kuliah sekolah bisnis ternama, yakni Harvard Business School (HBS). Dalam laporan sebanyak 30 halaman, Profesor Anita Elberse dan alumnus HBS David Moreno menulis kemajuan signifikan PSG selama era QSI.

Sebagaimana diberitakan Gulf Times kemarin, awal musim ini Elberse dan Moreno mewawancarai chairman QSI sekaligus Presiden PSG Nasser Al Khelaifi. Mereka juga bertemu dengan manajemen, para pemain, staf, hingga Accor Live Limitless selaku rekan bisnis PSG.
’’Sembilan tahun sejak pengambilalihan kepemilikan PSG, diperoleh data bahwa total pemasukan klub mengalami kenaikan hingga enam kali lipat,’’ tulis Elberse dalam lembar materi kuliah HBS.

Jika pada 2010–2011 mencapai EUR 95 juta (Rp 1,62 triliun), per Maret lalu pemasukan keseluruhan PSG menjadi EUR 637 juta (Rp 10,87 triliun). Aspek komersial, sponsor, penjualan merchandise, dan kerja sama dengan berbagai pihak yang diperoleh PSG malah melonjak hampir 12 kali. Dari angka EUR 26 juta (Rp 443,9 miliar) menjadi EUR 366 juta (Rp 6,24 triliun).

’’Jadi, jangan heran jika PSG berani membeli pemain-pemain mahal dunia untuk bergabung dengan mereka. Wajar pula jika mereka sangat ambisius menjadi klub besar Eropa,’’ tulis Elberse.

Dalam dunia marketing, yang dilakukan PSG disebut Elberse termasuk fenomenal. Patokannya pada 2011. Platform digital PSG yang semula hanya berpengikut 1,5 juta mengalami lonjakan hingga 81 juta setelah sembilan tahun berselang.

’’Diversifikasi jalan PSG yang unik dalam memperkenalkan pemainnya, misalnya para pemain ikut dalam Paris Fashion Week atau pemain mereka menjadi duta produk fashion, turut melambungkan pundi-pundi uang klub,’’ analisis Elberse.

Belum lagi ketika tahun lalu berkolaborasi dengan Air Jordan, produk dari cabor selain sepak bola yang punya popularitas tinggi, PSG otomatis makin bisa diterima kalangan di luar pencinta sepak bola. ’’Kami senantiasa tertantang agar klub ini makin besar dan terkenal,’’ ujar Al Khelaifi kepada L’Equipe.

COVID-19 Detais Indonesia