Mereka Para Mantan Liverpool yang Pernah Membelot ke Everton

Mereka Para Mantan Liverpool yang Pernah Membelot ke Everton

Terbaiknews - INDOSPORT.COM - Derbi Merseyside selalu dinantikan oleh para penikmat kompetisi Liga Inggris,...

INDOSPORT.COM - Derbi Merseyside selalu dinantikan oleh para penikmat kompetisi Liga Inggris, mengingat rivalitas antara dua klub yang bertanding, Liverpool dan Everton, selalu saja penuh tensi tinggi.

Seperti Manchester United, Everton adalah musuh paling bebuyutan The Reds di kancah sepak bola Inggris. Logikanya, tentu tidak ada pemain yang ingin mengkhianati salah satu klub demi menyeberang ke kubu lawan.

Namun salah satu contoh terlihat dari Michael Owen yang namanya besar bersama Liverpool namun pindah ke Manchester United. Lalu bagaimana dengan pemain The Reds yang menyeberang ke The Toffees? Tentu saja ada, tapi siapa?

Gary Ablett

Merupakan pemain yang membela Liverpool selama periode 1985 sampai dengan 1992. Kenny Dalglish memberinya debut pertama saat melawan Charlton pada Desember 1986, menggantikan Alan Hansen yang cedera.

Pemain kelahiran Aigburth ini turut mengantarkan The Reds memenangkan gelar liga pada musim 1987-1988. Ia tampil gemilang dan menjalankan tugasnya dengan baik membantu John Barnes di posisi sayap kiri.

Sayangnya, ia dilepas Graeme Souness ke Everton pada tahun 1992 dengan nilai transfer sebesar 750 ribu poundsterling. Ia pun menjadi pemain pertama yang mengangkat trofi Piala FA bersama dua klub Merseyside, Liverpool dan Everton.

Bersama The Reds, pria kelahiran 19 November 1965 tersebut telah tampil di 147 pertandingan dan mencetak satu gol.

Setelah membela The Toffees, Gary Ablett hengkang ke Birmingham City setelah jadi pemain pinjaman Sheffield United. Ia juga pernah membela Wycombe Wanderers, Blackpool, dan Long Island Rough Riders.

Peter Beardsley

Eks pemain sepak bola lainnya yang juga pernah membelot dari Liverpool ke Everton adalah Peter Beardsley. Bukan hanya itu, ia bahkan pernah berseragam musuh bebuyutan The Reds, Manchester United.

Sungguh kombinasi unik yang jelas bisa membuatnya dibenci oleh suporter tiga klub besar tersebut. Di Liverpool sendiri, ia mengabdi mulai tahun 1987 sampai dengan 1991.

Dibawa Kenny Dalglish pada Juli 1987 dari Newcastle United, Beardsley memecahkan rekor transfer pada waktu itu di angka 1,9 juta poundsterling.

Saat berseragam The Reds, ia tampil di 175 pertandingan dan mencetak 59 gol. Setelah itu ia menyeberang ke Everton, menorehkan catatan 95 penampilan dan 32 gol.

Selain dua klub Merseyside, Breadsley juga bermain di sejumlah klub seperti Carlisle, Vancouver Whitecaps, Manchester United, Newcastle, Everton, Newcastle United, Bolton, Manchester City, Fulham, Hartlepool, dan Doncaster.

Sander Westerveld

Kiper asal Belanda ini mendarat di Liverpool dari Vitesse pada 1996 dan memenangkan sejumlah gelar seperti Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Piala Super Eropa sebelum dijual ke Real Sociedad pada 2001.

Ya, ia tidak langsung ‘membelot’ dari Liverpool ke Everton, melainkan sempat singgah di beberapa klub. Setelah dari Real Sociedad, ia dipinjamkan ke Mallorca lalu pindah ke Portsmouth.

Dari sanalah kisahnya bersama Everton dimulai. Ia dipinjamkan ke The Toffees pada 2006 lantaran pada saat itu klub tersebut sedang mengalami krisis kiper.

Pasalnya, Nigel Martyn, Richard Wright, dan Iain Turner satu pun tidak ada yang bisa turun untuk bermain sehingga Westerveld pun memainkan dua laga untuk mereka.

Dengan waktu yang sangat singkat saat bersama Everton ini, mungkin Sander Westerveld tidak akan dijadikan bulan-bulanan oleh para penggemar The Reds.

Melakukan debut pada 7 Agustus 1999, ia tercatat sudah menyumbangkan 103 penampilan untuk Liverpool. Setelah hengkang dari Portsmouth, ia kemudian membela sejumlah klub seperti Almeria, Sparta Rotterdam, Monza, dan Ajax Cape Town.

COVID-19 Detais Indonesia