Hikmah di Balik Bertahannya Xherdan Shaqiri di Liverpool

Hikmah di Balik Bertahannya Xherdan Shaqiri di Liverpool

Terbaiknews - INDOSPORT.COM - Xherdan Shaqiri sempat dikaitkan dengan pintu keluar klub Liga InggrisLiverpool,...

INDOSPORT.COM - Xherdan Shaqiri sempat dikaitkan dengan pintu keluar klub Liga Inggris, Liverpool, pada bursa transfer pemain musim panas lalu.

Pada waktu itu, sejumlah peminat seperti AS Roma, CSKA Moscow, Sevilla, dan Newcastle United kabarnya mengantre untuk mendapatkan tanda tangannya.

Di tengah pemberitaan yang menyebutnya akan angkat kaki dari Anfield, Shaqiri justru tampil apik di ajang Piala Liga Inggris. Ia menciptakan gol lewat sebuah tendangan bebas fantastis saat Liverpool membantai Lincoln City 7-2 September lalu.

Desas-desus soal masa depan Shaqiri mulai mencuat ketika pemain asal Swiss tersebut mengalami cedera betis berkepanjangan. Selama musim 2019-2020, ia mencatatkan 11 penampilan dengan total 263 menit bermain.

Akan tetapi, Shaqiri memilih tetap tinggal dan memperjuangkan tempatnya di skuat Liverpool. Perjuangannya tersebut pun sepertinya mulai membuahkan hasil.

Ia kini muncul sebagai salah satu kandidat peran rotasi di bawah arahan Jurgen Klopp. Keputusan pelatih memasangnya sebagai pengganti Roberto Firmino saat laga melawan Manchester City, contohnya.

Seperti diketahui, Firmino belakangan ini mendapat banyak kritik soal penampilannya yang terus menurun. Bobby, sapaan akrabnya, tengah mengalami krisis di mana kontribusinya untuk tim tidak semasif dulu.

Meski Shaqiri bukan opsi terbaik untuk menggantikan Firmino, apalagi setelah kedatangan Diogo Jota, penampilannya musim ini mungkin bisa membawanya kembali ke tempat reguler di skuat Klopp.

Ia mengirim umpan apik kepada Trent Alexander-Arnold yang menghasilkan gol pembuka Jota melawan Midtjylland. Lalu empat hari kemudian Shaqiri juga melakukan hal yang sama ketika menghadapi West Ham United.

Pemain kelahiran 10 Oktober 1991 tersebut turut berkontribusi menciptakan gol Jota, yang membuat The Reds unggul 2-1 dari The Hammers.

Menurut catatan FBref, Shaqiri di Liga Inggris musim 2020-2021 telah melakukan enam percobaan pressure yang mana tingkat kesuksesannya mencapai 66,7 persen. Sekadar informasi, sejauh ini ia baru tampil dua kali di ajang liga domestik.

Sejatinya, masih ada kesempatan bagi Xherdan Shaqiri untuk meraih tempat reguler jika mampu mempelajari lebih lanjut seluk-beluk lini tengah dalam formasi 4-3-3 Klopp. Terlebih lagi, ia juga sudah dianggap sebagai pemain kreatif dan serbabisa.

COVID-19 Detais Indonesia