Ini Pentingnya Turnamen Pramusim Menurut Robert Alberts

Ini Pentingnya Turnamen Pramusim Menurut Robert Alberts

Terbaiknews - INDOSPORT.COM - Pelatih Persib BandungRobert Rene Albertskembali menyuarakan pentingnya digelar...

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, kembali menyuarakan pentingnya digelar turnamen pramusim sebelum kompetisi Liga 1 2021 digelar.

Menurut pelatih asal Belanda ini, ada banyak manfaat dari digelar turnamen pramusim, di antaranya untuk ajang pemanasan bagi setiap klub peserta sebelum mengarungi kompetisi.

Apalagi, pemain sudah lama tidak merasakan atmosfer pertandingan resmi setelah Liga 1 2020 dihentikan sejak pertengahan Maret 2020 karena pandemi corona, dan akhirnya resmi dibatalkan melalui rapat Exco PSSI yang diselenggarakan pada Rabu (20/01/2021).

Selain itu, turnamen pramusim bisa dijadikan ajang simulasi penerapan protokol kesehatan dalam pertandingan di tengah pandemi corona.

"Saya pikir klub bisa mengatur sendiri dalam menggelar kompetisi atau turnamen skala kecil dan menggelarnya di stadion kosong, sekaligus untuk mengetahui bagaimana penerapan prosedur di Liga ketika pertandingan digelar tanpa penonton," kata Robert Alberts.

Selain itu, dari turnamen pramusim bisa dilihat kesiapan klub maupun panitia pelaksana (Panpel) pertandingan, sebelum Liga 1 2021 digelar. Sehingga saat kompetisi bergulir semuanya bisa berjalan dengan maksimal.

"Karena itu menjadi jaminan seperti yang terjadi di Eropa, Anda tidak bisa menggelar pertandingan jika orang-orang tetap datang ke Stadion," jelas mantan pelatih PSM Makassar ini.

Sejauh ini, belum ada kepastian mengenai kick-off kompetisi Liga 1 2021 dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Meski begitu, pihak Kepolisian sudah memberikan lampu hijau untuk kompetisi digelar kembali.

Robert Alberts menilai idealnya Liga 1 2021 digelar dua bulan setelah Idul Fitri, yakni sekitar Juli atau Agustus 2021. Jika, kompetisi digelar dua bulan setelah Ramadhan, maka skuat Maung Bandung akan memulai persiapan pada akhir Mei 2021.

Saat ini, aktivitas latihan tim Persib Bandung masih diliburkan dan pemain diberikan kebebasan untuk menjalankan program latihan mandiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing.