Penyebaran Corona Italia Diduga Muncul Saat Laga Sepak Bola

Penyebaran Corona Italia Diduga Muncul Saat Laga Sepak Bola

Terbaiknews - Virus diduga menyebar di stadion San Siro saat Atalanta vs Valencia.
Virus diduga menyebar di stadion San Siro saat Atalanta vs Valencia.

,BERGAMO -- Sebuah fakta baru soal awal penyebaran virus corona di Italia terungkap. Dalam sebuah temuan, pertandingan Liga Champions, saat Atalanta melakoni laga bersejarah di babak 16 besar lawan Valencia diduga sebagai awal munculnya kasus pertama Covid-19. Saat itu, Atalanta menggelar pertandingan di San Siro, dimana hampir sepertiga warga Bergamo melakukan perjalanan ke Milan.

Selain itu, ada hampir 2500 fan Valencia yang melakukan perjalanan dari Spanyol ke Italia. Dua hari kemudian, ditemukan kasus pertama positif Covid-19 di Bergamo. Sehingga, para ahli menilai, pertandingan 19 Februari itu jadi alasan mengapa kota Bergamo jadi pusat pandemik corona.

Bahkan, pada titik itu, masifnya warga yang datang ke Milan itu seolah menjadi "bom biologis". Bahkan, hampir 35 persen tim Valencia dinyatakan positif virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Seorang Mayor di Bergamo, Giorginio Gori, memprediksi ada 40 ribu Bergamaschi di San Siro, yang bersama-sama saling menularkan virus. Selain itu, ada juga masyarakat yang nonton bareng di rumah maupun bar. ""Sayangnya, kami tidak tahu. Tidak ada yang tahu virusnya sudah ada di sini. Itu tak terelakan,"" ungkap Gori, dikurip dari Businesstoday, Kamis (26/3).

Kurang dari sepekan setelah pertandingan, kasus pertama dilaporkan di Bergamo. Hampir berbarengan dengan di Valencia, dimana jurnalis yang meliput pertandingan Atalanta vs Valencia jadi orang kedua yang terinfeksi. Lalu tak butuh waktu lama sebelum orang yang melakukan kontak dengannya juga tertular, sama seperti fan Valencia yang berada di pertandingan.