Tips bagi Kamu yang Punya Bisnis Restoran agar Bertahan dalam Pandemik

Tips bagi Kamu yang Punya Bisnis Restoran agar Bertahan dalam Pandemik

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Aturan pembatasan aktivitas sosial masyarakat selama pandemik sangat...

Jakarta, IDN Times - Aturan pembatasan aktivitas sosial masyarakat selama pandemik sangat berpengaruh bagi bisnis restoran. Di Indonesia, baik penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sama-sama berisi protokol kesehatan di mana restoran harus mengurangi pengunjung yang makan di tempat.

Sudah tentu itu akan membuat pemasukan berkurang. Tapi, di tengah perubahan perilaku masyarakat ini pula, pelaku bisnis restoran harus bisa beradaptasi. Ada sejumlah hal yang penting dilakukan jika kamu memilki bisnis restoran dan berusaha bertahan di tengah pandemik ini.

Berikut saran-saran dari Grant Thornton Indonesia.

1. Jadikan teknologi sebagai andalan dalam beradaptasi

Tips bagi Kamu yang Punya Bisnis Restoran agar Bertahan dalam PandemikIlustrasi Pembayaran Online (IDN Times/Arief Rahmat)

CEO/Managing Partner Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani, menyarankan agar pebisnis restoran mengadopsi teknologi dalam bisnis mereka. Hal ini seiring dengan pembatasan kegiatan masyarakat yang digagas pemerintah.

"Pesatnya kemajuan teknologi dapat membantu berjalannya bisnis restoran di masa pandemik ini di mana segalanya dilakukan tanpa sentuhan maupun kontak langsung. Sehingga pelaku usaha restoran perlu memanfaatkan berbagai teknologi dalam operasional sehari-hari," kata Johanna dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/2/2021).

2. Menu digital yang gunakan QR Code wajib disediakan

Tips bagi Kamu yang Punya Bisnis Restoran agar Bertahan dalam PandemikPixabay/PhotoMIX-Company

Johanna menyebut menu digital kini menjadi salah satu kewajiban. Di mana pengunjung tinggal melakukan scan QRcode untuk mengakses menu yang ingin dipilih, sehingga risiko tinggi kontak dengan buku menu dapat diminimalisir.

"Pembayaran cashless juga menjadi opsi utama untuk mengurangi kontak dengan mesin EDC (Electronic Data Capture)," ucapnya.

3. Sediakan layanan online delivery dan self pick-up

Tips bagi Kamu yang Punya Bisnis Restoran agar Bertahan dalam PandemikIDN Times/Reza Iqbal

Tingginya pesanan melalui layanan antar yang didukung kemudahan akses melalui platform online delivery juga diperkirakan akan tumbuh signifikan sepanjang tahun karena memungkinkan pelanggan untuk mengkonsumsi makanan favorit mereka tanpa harus berinteraksi langsung di dalam restoran dengan banyak orang.

Maraknya promo serta ditambahnya fitur mengambil pesanan makanan sendiri di restoran (self pick-up) juga menjadi salah satu faktor pertimbangan tingginya konsumsi makanan melalui platform online delivery.

4. Makin cepat adaptasi teknologi, bisnis restoran akan semakin membaik

Tips bagi Kamu yang Punya Bisnis Restoran agar Bertahan dalam PandemikIlustrasi pemesanan makanan online (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Johanna mengatakan jika pelaku usaha dapat mengimplementasikan strategi teknologi ini dengan tepat mereka akan dapat melewati pandemi ini dengan baik. Semakin awal pelaku usaha dapat mengidentifikasi outlet dengan kinerja terbaik, akan semakin aman.

"Kami selalu mengatakan ini kepada klien kami terlepas mereka berasal dari industri ritel baik restoran ataupun non-restoran. Untuk itu diperlukan review secara berkala atas kebutuhan akan kas serta analisa atas pendapatan dan laba kotor yang dapat dihasilkan dari masing-masing outlet, sehingga pelaku usaha dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat untuk dapat bertahan di situasi pandemi ini,” papar Johanna.