Oppo Bangun Pabrik di Tangerang, Bakal Ada 8 Ribu Lapangan Kerja Baru

Oppo Bangun Pabrik di Tangerang, Bakal Ada 8 Ribu Lapangan Kerja Baru

Terbaiknews - Kota TangerangIDN Times - Produsen smartphoneasal TiongkokOppo dipastikan akan membangun pabrik...

Kota Tangerang, IDN Times - Produsen smartphoneasal Tiongkok, Oppo dipastikan akan membangun pabrik di Kota Tangerang. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan pembukaan pabrik ini akan menyerap sekitar 8.000-an pekerja.

"Kota Tangerang, alhamdulillah, ada investor yang cukup besar, membuka lapangan kerja. Ada Oppo (membuka) kurang lebih 8.000 lapangan kerja," kata Arief, Kamis (15/10/2020).

1. Sebagian tenaga kerja yang dibutuhankan ialah lulusan SMA

Oppo Bangun Pabrik di Tangerang, Bakal Ada 8 Ribu Lapangan Kerja BaruBuruh pabrik di Cikupa Tangerang. ANTARA FOTO/Fauzan

Potensi penyerapan tenaga kerja masih masih mungkin bertambah mengingat Oppo akan membawa supplier mereka ke Kota Tangerang. "Supplier kita sedang jajaki," imbuhnya.

Tenaga kerja yang akan dibutuhkan Oppo tersebut sebagian besar lulusanSekolah Menengah Atas (SMA). "Mereka butuhnya 8.000 tenaga SMA untuk assembling, sarjana kurang lebih 100 ya," ujar Arief.

2. Memulihkan Tangerang dan menjadikannya kota elektronik

Oppo Bangun Pabrik di Tangerang, Bakal Ada 8 Ribu Lapangan Kerja BaruIDN Times/Muhamad Iqbal

Kehadiran pabrik Oppo tersebut, diharapkan Arief, tidak hanyabisa memulihkan perekonomian di Kota Tangerang tapi juga akan menjadikan Kota Tangerang sebagai pusat industri elektronik di Indonesia.

3. BKPM sebut Indonesia kebanjiran investor baru

Oppo Bangun Pabrik di Tangerang, Bakal Ada 8 Ribu Lapangan Kerja BaruIDN Times / Auriga Agustina

Sejumlah perusahaan asing dikabarkan akan membangun maupun merelokasi pabriknya ke Indonesia.Sebelumnya, Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, menyebut sudah ada 153 investor asing yang segera masuk Indonesia. Investor asing itu, menurutnya, berasal dari Korea Selatan, Taiwan, Jepang, Amerika Serikat, Tiongkok, hingga Eropa.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM, Nurul Ichwan, ratusan investor itu terdiri dari perusahaan asing yang memang berniat merelokasi pabrik ke Indonesia, serta investor yang sudah dilobi secara aktif oleh pemerintahselama setahun terakhir.

COVID-19 Detais Indonesia