Sandiaga Ceritakan Masa Sulitnya Jadi Korban PHK Akibat Krismon 1998

Sandiaga Ceritakan Masa Sulitnya Jadi Korban PHK Akibat Krismon 1998

Terbaiknews - - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi KreatifSandiaga...

, - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengajak kaum milenial mulai merintis usaha dengan menjadi wirausaha mandiri sekaligus ujung tombak pencetakan lapangan pekerjaan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sandiaga menjelaskan saat ini terdapat 34 juta warga yang menggantungkan hidupnya pada sektor parekraf.

Untuk itu perlu peran pemuda milenial dalam membantu membuka lapangan pekerjaan yang bisa membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi.

“Saya berharap kaum milenial bisa mengambil peran untuk menjadi ujung tombak sebagai pelaku usaha pencetak lapangan kerja dan khususnya bisa memilih usaha di bidang parekraf yang memiliki 17 subsektor termasuk kuliner, fesyen, dan kriya,” kata Sandiaga dilansir dari Antara, Selasa (9/2/2021).

Sandiaga Uno Bentuk Satgas Toilet Indonesia, Apa Itu?

Sandiaga juga memberikan motivasi kepada para milenial untuk terus bersemangat, bertahan, dan berinovasi di tengah pandemi untuk memulai bisnis mereka.

Sandiaga Uno lalu berkisah tentang pengalamannya saat memulai usaha di tengah tantangan krisis monoter (krismon) yang mulai terjadi di tahun 1997 dan berlanjut di tahun 1998.

“Sekarang banyak tantangan memulai bisnis terlebih di saat krisis selalu penuh dengan tantangan. Tetapi kalau kita dapat mengatasi tantangan tersebut maka akan menjadi pemenang," kata Sandiaga mengawali kisahnya.

"Saya sendiri memulai usaha pada saat krisis di tahun 1997. Saya di- PHK dan kehilangan pekerjaan dan harus banting stir memulai usaha sebagai opsi terakhir untuk bertahan,” ujar dia lagi.

Pantau Pemulihan Pariwisata, Sandiaga Uno Akan Berkantor di Bali

Lantaran tekad yang kuat, Sandiaga Uno yang merintis usaha di bidang konsultan keuangan pada saat itu akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan bagi 30 ribu orang pada 20 tahun kemudian.

Peran pemuda-pemudi milenial harus mengambil sikap proaktif berinovasi dan juga berani ambil risiko.