Cara Asyik Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Cara Asyik Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Terbaiknews - - Peran orangtua sebagai guru pertamasudah tentu akan mengajarkan berbagai macam hal kepada...

, - Peran orangtua sebagai guru pertama, sudah tentu akan mengajarkan berbagai macam hal kepada anaknya, dengan harapan anak Anda kelak menjadi anak yang mandiri dan bertanggung jawab.

Tentu termasuk juga bagaimana mengenalkan dan mengajarkan anak mengenai peran uang. Sudah sebaiknya untuk mengenalkan konsep uang sejak dini.

Menurut Perencanaan Keuangan Finansialku Rista Zwestika Reni, orangtua harus paham mendidik apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anak dengan uang yang dimilikinya.

Tujuannya tak lain agar kelak anak paham cara yang tepat dan lebih bijak dalam menggunakan serta mengelola uang ketika beranjak dewasa nanti.

Yakin Masih Ogah Investasi? Banyak Untungnya Lho Dibanding Menabung

Dalam praktiknya, tentu bukan hal mudah bagi orangtua untuk mendidik anak, namun mau tidak mau, Anda harus lakukan. Salah satu yang menjadi kewajiban untuk orangtua adalah dengan mengajarkan hal-hal kecil seperti menabung.

“Tantangannya lagi adalah bagaimana menabung ini menjadi suatu hal yang menyenangkan untuk anak-anak,” ujar Rista.

Banyak sekali pendapat para ahli yang mengemukakan kapan usia yang tepat untuk mengenalkan uang kepada anak-anak. Namun, kesimpulan yang bisa diambil adalah sudah pasti dilakukan secara bertahap, bisa dimulai saat anak sudah kenal bentuk, warna, dan angka.

“Pemahaman tentang uang biasanya mudah diterima saat anak usia 6-7 tahun, karena di usia tersebut anak-anak sudah mulai lancar berkomunikasi dan sedikit demi sedikit mulai paham apa itu uang dan kegunaannya, dan sudah mulai menghitung tambah, kurang, mana besar, dan kecil, ” tambah Rista.

Lalu, bagaimana baiknya orangtua mengedukasi menabung pada anak? Berikut tips dari Rista.

1. Kenalkan uang secara bertahap

COVID-19 Detais Indonesia