Antisipasi Banjir, Menhub Inspeksi Pengelolaan Air di Bandara Halim Perdanakusuma

Antisipasi Banjir, Menhub Inspeksi Pengelolaan Air di Bandara Halim Perdanakusuma

Terbaiknews - - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi manajemen pengelolaan air di Bandara...

, - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi manajemen pengelolaan air di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pengecekan dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir menyusul pernyataan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang memproyeksikan, puncak musim hujan akan terjadi Februari 2021.

“Saya mengecek langsung untuk mengetahui kesiapan pengelola Bandara Halim Perdanakusuma dalam menghadapi cuaca ekstrem saat ini. Saya ingin tahu bagaimana kondisi drainasenya, bagaimana penampungan airnya,” tutur Budi dalam keterangan tertulis, Senin (8/2/2021).

Menhub Tinjau Bandara dan Stasiun yang Terendam Banjir di Semarang

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) tak ingin Bandara Halim kembali tergenang air, sehingga operasional terganggu seperti yang terjadi pada tahun lalu.

“Jangan sampai terjadi banjir lagi,” ujar dia.

Selain kolam penampungan, Budi juga melihat Sungai Kali Cipinang, yang terletak berdampingan dengan area bandara.

Dalam inspeksinya itu, Budi berkoordinasi langsung Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dan Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko.

“Saya telah menginstruksikan Pak Awal, untuk berkoordinasi intens tentang penanganan banjir di bandara ini langsung dengan Pak Jarot, khususnya berkaitan dengan manajemen pengelolaan air,” ucap Budi.

Temui Ganjar Pranowo, Menhub Bahas Soal Banjir di Semarang

Sebagai informasi, awal tahun 2020 landasan pacu atau runway Bandara Halim Perdanakusuma, serta area bandara tempat hilir mudik penumpang pesawat terbang pernah terendam air.

Akibatnya, penerbangan di bandara ini terganggu dan dialihkan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.