Warga Terkejut Temukan Bayi Mungil Dalam Kotak di Pinggir Jalan

Warga Terkejut Temukan Bayi Mungil Dalam Kotak di Pinggir Jalan

Terbaiknews - LangsaIDN Times - Hujan belum juga berhenti. Rinai masih saja menghujami bumi Kota Langsa mulai...

Langsa, IDN Times - Hujan belum juga berhenti. Rinai masih saja menghujami bumi Kota Langsa mulai Senin (11/1/2021) malam hingga beberapa jam sebelum fajar menyingsing di Hari Selasa (12/1/2021). Merdunya adzan dari pengeras suara pada masjid maupun surau yang menggema memecah kesunyian salah satu kota di pantai timur Provinsi Aceh tersebut.

Saling bersahutan, antara suara hujan dan seruan untuk menyembah Tuhan. Sayup-sayup jerit tangisan bayi terdengar. Memang tak begitu jelas, namun terbilang lama hingga umat Islam yang melaksanakan kewajibannya di waktu Subuh mulai meninggalkan tempat peribadatan.

Pekikan yang tiada henti tadi pun mulai menyentuh pendengaran sebagian warga Gampong Alue Dua Bakaran Batee, Kecamatan Langsa Baro. Termasuk terdengar di telinga Ismail dan Sumanto, dua warga kecamatan setempat yang kala itu melintas usai pulang melaksanakan Salat Subuh.

1. Kotak misterius di depan kios pinggir jalan itu ternyata berisi bayi

Warga Terkejut Temukan Bayi Mungil Dalam Kotak di Pinggir JalanKotak karton (Foto: Istimewa)

Mendengar tangisan itu, kedua pria tadi lalu mencoba berjalan mendekati sumber suara. Langkah Ismail dan Jumanto pun terhenti tepat di depan sebuah kios kayu yang berada di pinggir Jalan Medan-Banda Aceh. Di kios tersebut, mereka melihat sebuah kotak kardus berwarna coklat di atas meja kayu berukuran tak lebih dari empat kali satu meter.

Suara tangisan semakin keras terdengar dari dalam kotak tadi, sehingga kedua warga tersebut mencoba membuka untuk mengetahui isi kardus tersebut. Ketika dibuka, mereka dikejutkan dengan adanya bayi berjenis kelamin perempuan di dalamnya yang dibalut kain bedong dan selimut bayi.

Ismail dan Jumanto kemudian membawa bayi yang mereka temukan ke rumah salah seorang warga Gampong Alue Dua Bakaran Batee untuk memberikan pertolongan darurat. Tak hanya itu, mereka juga telah menghubungi pihak Kepolisian Sektor Langsa Baro untuk memberikan informasi penemuan tersebut.

2. Bayi ditemukan dalam kondisi basah kuyup di dalam kotak

Warga Terkejut Temukan Bayi Mungil Dalam Kotak di Pinggir JalanBayi yang ditemukan di dalam kotak kardus (IDN Times/Istimewa)

Kabar ada ditemukannya sebuah kotak kardus berisi bayi perempuan di sebuah kios kayu, dibenarkan oleh Kepala Kepolisian Sektor Langsa Baro, Inspektur Polisi Dua Mulyadi ketika dikonfirmasi IDN Times pada, Selasa (12/1/2021).

“Iya benar, ada penemuan bayi di depan warung yang ada di pinggir Jalan Medan-Banda Aceh," kata Mulyadi.

Ketika pertama kali ditemukan oleh warga sekitar pukul 05.40 WIB, kondisi bayi dikatakan Mulyadi, terbalut dengan kain namun dalam keadaan basah. Diduga bayi yang diperkirakan baru berusia 40 hari tersebut terkena percikan hujan.

Demi mendapatkan perawatan dan penanganan medis lebih lanjut, bayi berjenis kelamin perempuan itu lalu dirujuk ke Rumah Sakit Umum Kota Langsa.

3. Polisi selidiki siapa yang tega menelantarkan bayi perempuan itu

Warga Terkejut Temukan Bayi Mungil Dalam Kotak di Pinggir JalanBayi yang ditemukan di dalam kotak kardus (IDN Times/Istimewa)

Kepala Kepolisian Sektor Langsa Baro mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan lidik dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti bidan desa dalam wilayah hukum Kepolisian Resor Langsa. Tujuannya, untuk mencari dan mengetahui siapa orang tua bayi tersebut sehingga dapat dilakukan proses hukum sesuai yang berlaku.

“Diduga bayi berjenis kelamin perempuan tersebut dibuang di malam hari sebelum Salat Subuh oleh orang tua kandung bayi,” ujarnya.

COVID-19 Detais Indonesia