Untuk Kali Pertama dalam 34 Tahun, Sirkuit Brno akan Absen dari MotoGP

Untuk Kali Pertama dalam 34 Tahun, Sirkuit Brno akan Absen dari MotoGP

Terbaiknews - Pembalap Brad Binder mencatat sejarah besar dengan menjadi juara MotoGP Republik Ceko 2020 di Sirkuit Brno. (Joe Klamar/AFP)

JawaPos.com-Pandemi Covid-19 benar-benar menghantam event besar olahraga. MotoGP juga terkena imbas. Yang sudah terkonfirmasi adalah musim ini tidak ada race yang dihelat di Automotodrom atau Sirkuit Brno, Rep Ceko.

Kabar itu diketahui kemarin waktu setempat di draf awal kalender race tahun ini. Tidak tercantum nama sirkuit sepanjang 5,403 kilometer tersebut.

Meski kalender race masih berupa draf dan ada kemungkinan untuk berubah, kecil kans Brno bisa melanjutkan tradisi selalu terlibat di MotoGP sejak 1987. Atau, dalam 34 tahun terakhir.

Faktor ekonomi menjadi pemicu utama. Dengan belum membaiknya kondisi dunia akibat pandemi Covid-19, dipastikan pula tidak akan ada penonton yang hadir di sirkuit. Padahal, sebelum pandemi, Sirkuit Brno bisa menghadirkan hampir 200 ribu penonton.

Tidak hanya menarik diri dari MotoGP. Pihak pengelola juga meniadakan semua event kelas dunia yang menggunakan Brno sebagai salah satu sirkuit di dalamnya.

”Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam menyelenggarakan kompetisi kejuaraan dunia. Namun, kami juga sangat memahami pentingnya faktor ekonomi,” papar Direktur Automotodrom Brno Ivana Ulmanova seperti dilansir Crash.

”Tidak ada acara olahraga atau budaya penting di dunia yang secara ekonomi dapat diselenggarakan tanpa dukungan publik yang tepat,” tandasnya.