Total 42 Saksi Diperiksa dalam Investigasi TGPF Intan Jaya

Total 42 Saksi Diperiksa dalam Investigasi TGPF Intan Jaya

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk kasus kekerasan di Intan JayaPapua...

Jakarta, IDN Times - Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk kasus kekerasan di Intan Jaya, Papua telah menyelesaikanlaporan hasil investigasi mereka. Laporan tersebut berisi kesimpulan temuan serta keterangan sebanyak 42 saksi terkait penembakan empat orang warga termasuk Pendeta Yeremia Zanambani di Papua.

"Sudah ada 40 saksi, ditambah dari Pak Sugeng yang perorangan 2 orang," kata Ketua TGPF Intan Jaya Benny Mamoto dalam keterangan pers secara virtual, Sabtu (17/10/2020). Sebanyak 40 orang saksi berada di Intan Jaya sedangkan dua saksi lainnya dari Jayapura.

1. Saksi-saksi yang diperiksa oleh Tim Intan Jaya dan Tim Jayapura

Total 42 Saksi Diperiksa dalam Investigasi TGPF Intan JayaKetua Lapangan TGPF Intan Jaya, Benny Mamoto (Dok. TGPF Intan Jaya)

Benny juga menjelaskan bahwa orang-orang yang diperiksa oleh TimIntan Jaya terdiri dari istri, keluarga, sertaorang-orang di Hitadipa yang kala itu memberikan pertolongan, membawa, hingga memakamkan korban.

Selain itu, ada 16 anggota TNI dan juga penyidik, hingga direktur penyidikan umum kepolisian juga dimintai keterangan. "Juga beberapa saksi yang ada di Hitadipa, tapi saat itu dia tinggal di Sugapa," kata dia.

Sedangkan Tim Jayapuramelakukan komunikasi dengan LSM HAM, Komnas HAM, bahkan pihak dari Pemerintah Provinsi Papua dan Polda Papua.

2. Laporan hasil investigasi diserahkan langsung ke Mahfud Senin (19/10/2020)

Total 42 Saksi Diperiksa dalam Investigasi TGPF Intan JayaTim TGPF Intan Jaya saat melakukan investigasi lapangan (Dok.TGPF Intan Jaya)

Tim pencari fakta yang dibentuk oleh Menko Polhukam Mahfud MD ini terdiri dari akademisi, kejaksaan, tokoh agama hingga pihak Polhukam sendiri.

TGPF Intan Jaya akan menyerahkan laporan tersebut langsung ke Mahfud pada Senin (19/10/2020). "Adapun hasilnya ini nanti kami akan menyerahkan kepada Bapak Menko, dan Bapak Menko sendiri pada hari Senin, yaitu hari kerja, akan disampaikan," kata Sesmenko Polhukam Letjen TNI Tri Soeswandono.

3. Laporan tentang TGPF akan diumumkan senin pekan depan

Total 42 Saksi Diperiksa dalam Investigasi TGPF Intan JayaMenkopolhukam Mahfud MD (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Soeswandono mengatakan segala upaya TGPF sudah mencapai target, mulai dari pengumpulan data, pemeriksaan kembali data, dan komunikasi dengan para tokoh agama serta masyarakat.

"Tim TGPF ini selesai tepat pada waktunya, yang semula dalam 14 hari, kemudian diperpanjang 3 hari, dan pada tanggal 17 Oktober ini sesuai tenggang waktu yang sudah selesa," kata dia.

COVID-19 Detais Indonesia