Terpidana Mati Asal Tiongkok Tewas Tergantung setelah 1,5 Bulan Kabur

Terpidana Mati Asal Tiongkok Tewas Tergantung setelah 1,5 Bulan Kabur

Terbaiknews - Foto Cai Changpan saat dirilis Polres Tangerang Kota sebagai narapidana yang kabur dari Lapas Tangerang. (Dok. Polres Tangerang Kota)

– Setelah kurang lebih satu bulan melarikan diri, terpidana mati Cai Changpan ditemukan tewas tergantung. Tim gabungan dari kepolisian menemukan pria asal Tiongkok tersebut di pabrik pembakaran ban di kawasan hutan di Jasinga, Bogor, Jawa Barat.

”Kami temukan tewas gantung diri sekitar pukul 10.30 dalam upaya penggerebekan,” kata Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Yusri Yunus kemarin (17/10).

Dalam pelariannya, Cai yang divonis mati dalam kasus narkoba kerap terlihat di hutan yang berbatasan dengan hutan di Tenjo, Bogor, Jawa Barat, tersebut. Dikatakan Yusri, dari keterangan petugas keamanan pabrik, Cai sering bermalam di dalam hutan itu. Kemudian pergi ketika siang.

”Karena menyadari pelariannya akan berakhir, semalam dia tidak terlihat di dekat kawasan pabrik pembakaran ban itu,” ujarnya.

Menurut Yusri, terdapat tiga petugas pabrik yang sering melihat pria 53 tahun tersebut. Tetapi, ketiganya diancam apabila melapor ke pihak yang berwenang. ”Akhirnya salah satu dari mereka melapor ke kepala desa. Lalu diteruskan ke kami,” ujarnya.

Pencarian yang kurang lebih telah sebulan itu difokuskan kepolisian di sekitar hutan di Tenjo dan Jasinga. Sebab, Cai juga mendatangi istrinya yang tinggal di dekat hutan.

Hutan Tenjo cukup luas, hampir mencapai kelurahan. Seluruh hutan pun sudah ditelusuri tim gabungan dari Polda Metro Jaya dan Lapas Tangerang untuk mencari buron yang sempat menjadi tentara di negara asalnya itu.

Saat ini jenazah Cai telah dibawa ke RS Polri untuk diotopsi. ”Alasan bunuh dirinya masih kami dalami karena masih proses otopsi dan memeriksa keterangan saksi,” tambahnya.

Cai diketahui menghilang dari kamar penjara Lapas Kelas I Tangerang pada 14 September. Saat itu berbarengan dengan proses serah terima sif petugas jaga.

Di setiap serah terima sif itu ada laporan jumlah penghuni penjara. Setelah dicek, jumlahnya kurang satu orang. Cai ternyata kabur dengan cara menggali lubang sepanjang 30 meter. Dia menggali lubang dari kamar penjara sampai tembus di saluran air tidak jauh dari kompleks lapas.

Polisi bersama petugas terkait mencari Cai sampai ke hutan di Tenjo, Kabupaten Bogor. Awal Oktober lalu ada laporan masyarakat Cai sedang keluar hutan membeli makanan. Sampai akhirnya dia ditemukan tewas tergantung di hutan. Cai divonis hukuman mati karena terbukti menyelundupkan sabu-sabu seberat 135 kg.

  • Terekam CCTV, Terpidana Mati Asal Tiongkok Kabur Lewat Gorong-gorong
  • Terpidana Mati Asal Tiongkok Enam Bulan Gali Terowongan 30 Meter
  • Terpidana Mati Asal Tiongkok Diduga Kabur Melewati Rawa Berlumpur
  • Terpidana Mati Asal Tiongkok Diduga Libatkan Oknum Petugas-Napi Lain

Saksikan video menarik berikut ini:

COVID-19 Detais Indonesia