Terendam Banjir, Bandara Ahmad Yani Semarang Ditutup Hingga Hari Ini

Terendam Banjir, Bandara Ahmad Yani Semarang Ditutup Hingga Hari Ini

Terbaiknews - SemarangIDN Times - PT Angkasa Pura I menutup sementara Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani,...

Semarang, IDN Times - PT Angkasa Pura I menutup sementara Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, akibat banjir yang melanda wilayah bandara dan Kota Semarang sejak Jumat, 5 Februari 2021 malam.

Penutupan bandara dilakukan hingga Minggu (7/2/2021) pukul 06.00 WIB, sesuai Notam(Notice to Airmen) Nomor: B0182/21 NOTAMR B0181/21, perihal RWY 13/31 Tutup dengan ringkasan isi Notam RWY 13/31 Tutup Dikarenakan Genangan Air Sampai 7 Februari 2021 Pukul 06.00 WIB.

1. Sebanyak 21 maskapai terdampak banjir di Semarang

Terendam Banjir, Bandara Ahmad Yani Semarang Ditutup Hingga Hari IniIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani SemarangHardi Ariyanto menyebutkan, terdapat 21 rute penerbangan terdampak banjir di Semarang.

Jalur penerbangan yang terhambat saat ini yaitu rute dari dan menuju Jakarta, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Surabaya, dan Makassar.

"Seluruh penumpang yang melakukan perjalanan pada hari ini akan dilakukan reschedule pada penerbangan esok harinya," kata Hardi dalam keterangan resmi, Sabtu, 6 Februari 2021.

2. Pihak maskapai diminta berkirim SMS blast ke penumpangnya

Terendam Banjir, Bandara Ahmad Yani Semarang Ditutup Hingga Hari IniPengunjung mengamati pesawat Garuda Indonesia bercorak khusus dengan visual masker pada bagian moncong pesawat di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (8/12/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Angkasa Pura I juga mengimbau kepada semua maskapai agar segera mengirimkan pesan pendek elektronik(SMS blast), kepada calon penumpang yang belum menuju bandara sebagai informasi.

Karena akses bandara dilanda banjir, maka Angkasa Pura I sedang mengakomodasipara penumpang yang telah berada di bandara, untuk bantuan mobilisasi ke area depan Museum Ronggowarsito yang bekerja sama dengan Lanumad Ahmad Yani memakai truk milik TNI.

"Kondisi area terminal masih cukup kondusif, tidak terjadi penumpukan. Para petugas memberikan informasi pemberhentian operasional penerbangan hari ini, melalui announcement dan mengarahkan penumpang menuju area pick up zone untuk keluar dari bandara menggunakan kendaraan yang telah disediakan. Jika terdapat penumpang yang menanyakan perihal refund atau pun penerbangannya diarahkan ke customer service maskapai," kata Hardi.

3. Area landasan pacu Bandara Ahmad Yani kebanjiran

Terendam Banjir, Bandara Ahmad Yani Semarang Ditutup Hingga Hari IniIlustrasi pesawat (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)

Di area landasan pacu bandara, kata Hardi, tergenang banjir dan Foreign Object Damage (FOD) yang dapat mengganggu operasional penerbangan. Petugas sedang memantau sembari membersihkan runway.

Petugas bandara punmengaktifkan 54 unit pompa sampai keadaan aman dan siap dioperasikan kembali. “Kami berharap cuaca segera membaik sehingga pembersihan pada area runway dan fasilitas lainnya berjalan optimal, sampai dengan bandara dapat beroperasi kembali," ujar dia.

Sementara, berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, maskapai penerbangan yang terdampak di antaranya sebagai berikut:

1. Garuda Indonesia GA 232 tujuan Jakarta – Semarang (Dialihkan ke Surabaya)
2. Batik Air ID 6362 tujuan Jakarta – Semarang (Delay)
3. Batik Air ID 6350 tujuan Jakarta – Semarang (Delay)
4. Nam Air IN 195 tujuan JPangkalan Bun – Semarang (Delay)
5. Wings Air IW 1806 tujuan Semarang – Pangkalan Bun (Delay)
6. Garuda Indonesia GA 235 tujuan Semarang – Jakarta (Delay)
7. Batik Air ID 7369 tujuan Semarang – Jakarta (Delay)
8. Nam Air IN 196 tujuan tujuan Semarang – Pangkalan Bun (Delay).