Sudah 978 Ribu Nakes Divaksinasi, 811 Ribu Baru Suntikan Pertama

Sudah 978 Ribu Nakes Divaksinasi, 811 Ribu Baru Suntikan Pertama

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melaporkansatu juta lebih...

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin melaporkan, satu juta lebih nakes di berbagai wilayah Indonesia menerima vaksinasi pada Senin (8/2/2021) pukul 12.30 WIB. Namun, hanya 978 ribu tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi.

"Ada 193 ribu nakes batal atau ditunda vaksinasinya karena hipertensi, komorbid, atau penyintas COVID-19," ujarnya dalam keterangan yang diterima IDN Times.

1. Ada 811 ribu nakes yang baru mendapatkan suntikan pertama vaksin

Sudah 978 Ribu Nakes Divaksinasi, 811 Ribu Baru Suntikan PertamaVaksinasi di puskesmas dan rumah sakit di Kalteng (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Budi menjelaskan, dari 978 ribu nakes, sebanyak 811 ribu di antaranya divaksinasi untuk yang pertama kali. Sedangkan, 167 ribu nakes lainnya mendapatkan suntikan vaksin yang kedua.

"Semoga ke depan kita akan lebih cepat lagi bergerak," tuturnya.

2. Menkes optimistis target vaksinasi 1,5 juta nakes rampung akhir Februari

Sudah 978 Ribu Nakes Divaksinasi, 811 Ribu Baru Suntikan PertamaMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan paparan saat menghadiri rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021). Rapat tersebut membahas ketersediaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Sebelumnya, Budi mengatakan bahwa ia yakin target vaksinasi 1,5 juta tenaga kesehatan akan rampung di akhir Februari. Sebab selama empat minggu vaksinasi sudah capai 900 ribu tenaga kesehatan

"Kita masih punya waktu sampai akhir bulan ini untuk menyelesaikan semuanya, melihat kecepatan kita melakukan vaksinasi, harusnya bisa dicapai dari tenaga kesehatan ini," ujarnya secara daring, Minggu (7/2/2021).

3. Bio Farma siap sediakan vaksin sesuai target

Sudah 978 Ribu Nakes Divaksinasi, 811 Ribu Baru Suntikan PertamaMenristek Bambang Brodjonegoro bersama Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir di Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, pada 29 Juli 2020. ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 dari PT Bio Farma Bambang Heriyanto menyampaikan, ia optimistis atas pencapaian target vaksinasi COVID-19 dari pemerintah. Ia menjelaskan bahwa tugas Bio Farma adalah menyiapkan kebutuhan vaksin dari Kemenkes, dan sejauh ini Bio Farma dalam posisi siap menyediakan vaksin.

"Untuk setahun ini target kita ada 429 juta dosis, ya Bio Farma nanti siapkan, dalam rangka supaya cepat mengatasi COVID-19," kata Bambang seperti dikutip dari ANTARA, Minggu.