Singapura Siapkan Vaksin Covid-19 Mandiri, Hampir Uji Klinis Fase 3

Singapura Siapkan Vaksin Covid-19 Mandiri, Hampir Uji Klinis Fase 3

Terbaiknews - Ilustrasi: Peneliti tengah menyiapkan vaksin Covid-19 untuk uji klinis (Straits Times)

– Para peneliti Singapura sedang menyiapkan vaksin Covid-19 secara mandiri. Mereka menargetkan uji klinis fase 3 vaksin Covid-19akan dimulaisebelum akhir tahun ini.

“Kami saat ini sedang dalam tahap kedua uji klinis dan kami berharap perekrutan dan pemberian dosis akan selesai pada November. Tahap ketiga akan dimulai semoga pada akhir Desember,” kataWakil Direktur Klinis dan Ilmiah di Unit SingHealth Investigational MedicineAssociate, Profesor Jenny Low, seperti dilansir The Straits Times.

  • Pasien Covid-19 di Singapura Sempat Datangi RM Minang dan Toko Es Krim

Proses uji klinis yang melibatkan pengujian obat atau vaksin eksperimental pada manusia, biasanya memiliki tiga fase.Dua fase pertama dikenal sebagai uji klinis fase awal, dan terutama dilakukan di antara kelompok kecil yang terdiri hingga ratusan sukarelawan untuk menguji keamanan dan kemanjuran vaksin.

Selama tahap ini, para peneliti mengamati efek samping yang berbahaya dan menganalisis sampel pasien untuk melihat bagaimana sistem kekebalan manusia merespons vaksin. Mereka juga berusaha menentukan berapa banyak dosis yang diperlukan untuk memicu respons imun yang diinginkan.

Uji coba fase 3 jauh lebih besar cakupannya daripada uji coba sebelumnya, biasanya melibatkan ribuan hingga puluhan ribu orang. Ini sering diadakan di berbagai yurisdiksi atau negara. Tujuan uji coba ini adalah untuk melihat apakah vaksin dapat memberikan perlindungan dari infeksi. Untuk memastikannya, beberapa relawan hanya menerima plasebo.

Vaksin mandiri Covid-19 dari Singapura diberi nama vaksin Lunar-Cov19. Peneliti Profesor Ooi Eng Eong dari Sekolah Kedokteran Duke-NUS mengatakan terlalu dini untuk mengatakan berapa banyak sukarelawan yang perlu direkrut untuk uji coba fase 3 atau di mana uji coba dapat dilakukan.Namun, Prof Ooi yang ikut mengembangkan vaksin dengan perusahaan farmasi Amerika Serikat Arcturus Therapeutics, mengatakan idealnya uji coba fase 3 akan dilakukan di lokasi terdapat banyak kasus.Prof Ooi juga mengatakan sejauh ini profil keamanan vaksin Lunar-Cov19 sangat menggembirakan.

“Saya yakin bahwa vaksin akan berhasil. Pertanyaannya sekarang adalah apakah ini akan menjadi vaksin satu dosis atau dua dosis?Saya masih berharap bahwa kami dapat menemukan bahwa ini akan bekerja sebagai vaksin dosis tunggal sehingga orang tidak perlu kembali untuk dosis kedua,” jelasnya.

Jika uji coba fase 3 untuk vaksin yang dikembangkan Singapura dimulai pada akhir tahun ini, itu artinya vaksin Lunar-Cov19 akan bersama 10 vaksin lainnya di dunia yang saat ini berada pada tahap fase 3 secara internasional.Di seluruh dunia, ada 154 kandidat vaksin pada tahap praklinis, artinya belum disetujui untuk uji coba pada manusia. Tapihanya 10 yang telah mencapai uji coba fase 3.

Saksikan video menarik berikut ini:

COVID-19 Detais Indonesia