Shin Tae-yong Ditarget Membawa Timnas Indonesia Raih Emas SEA Games

Shin Tae-yong Ditarget Membawa Timnas Indonesia Raih Emas SEA Games

Terbaiknews - Pelatih tim nasional Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong. (PSSI.org)

– Target medali emas yang dipatok PSSI di ajang SEA Games 2021, tampaknya, menjadi beban berat bagi pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong. Dia lantas meminta PSSI segera memanggil pemain.

Program untuk mencapai target itu pun sudah diberikan dan dibahas bersama PSSI.

Kabar tersebut dibenarkan Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi. Dia mengungkapkan bahwa pelatih asal Korea Selatan itu sudah memaparkan programnya untuk SEA Games 2021.

Salah satunya adalah mengadakan training camp mulai 8 Februari mendatang. ”Kami saat ini berkoordinasi dengan berbagai pihak agar pemusatan latihan dapat dilakukan di Jakarta,” katanya.

Koordinasi itu terkait dengan perizinan. Sebab, saat ini kasus Covid-19 di Indonesia belum turun. Pelaksanaan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) yang masih berlaku menjadi kendala tersendiri bagi PSSI.

Apalagi, ada wacana jika PPKM diperpanjang lagi. PPKM kedua kali ini baru berakhir pada 8 Februari mendatang di Pulau Jawa hingga Bali. Jika melihat kondisi tersebut, tentu tidak bakal mudah bagi PSSI menyelenggarakan TC pada 8 Februari.

Namun, Yunus menyatakan bahwa PSSI akan berusaha maksimal merealisasikan seluruh program Shin Tae-yong.

Bahkan, sumber internal Jawa Pos di PSSI menyebut, undangan untuk para pemain dikirim Kamis (4/2). Sebanyak 36 pemain dipanggil Shin Tae-yong untuk TC pada 8 Februari nanti.

Ada banyak nama baru di dalamnya. Mulai striker lokal Arema FC Kushedya Hari Yudo hingga pemain Persiraja Banda Aceh Miftahul Hamdi. Nama Arif Satria yang musim kemarin berkostum Persebaya Surabaya juga masuk dalam daftar 36 pemain tersebut.

Hamdi mengakui menerima undangan tersebut. Mantan pemain Bali United itu tidak menyangka bisa kembali dipanggil timnas setelah absen tiga tahun meski hanya sebatas TC.

”Alhamdulillah, bersyukur. Rasanya kaget bercampur bahagia setelah sekian lama menunggu panggilan untuk bisa ikut TC timnas lagi. Akhirnya, saya bisa bergabung kembali,” ucapnya.

Hamdi kali terakhir dipanggil saat timnas masih dilatih Luis Milla pada 2017. Nah, karena sudah diberi kepercayaan lagi, Hamdi berjanji bekerja keras. Dia ingin menjadi bagian timnas di ajang SEA Games akhir tahun nanti.

”Semoga saya bisa menunjukkan performa terbaik saat TC dan memberikan kemampuan maksimal kepada timnas Indonesia. Kepada seluruh masyarakat Aceh, mohon doanya. Semoga saya bisa menampilkan yang terbaik,” tutur Hamdi.

Sementara itu, Presiden Klub Persiraja H Nazaruddin Dek Gam ikut bangga dengan capaian yang diraih pemainnya. Apalagi, pada tahun pertama Persiraja bermain di Liga 1, pemain tampil apik hingga dilirik pelatih Shin Tae-yong.

”Selain Hamdi, sebenarnya ada beberapa pemain Persiraja yang juga pantas dipanggil timnas. Termasuk Fakhrurrazi Quba yang sangat menonjol di Liga 1 kemarin. Tiga kali tanding, tidak pernah kebobolan. Semoga ke depannya juga mendapat panggilan,” ujarnya.