Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Tebet, Petamburan, dan Megamendung Tes PCR

Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Tebet, Petamburan, dan Megamendung Tes PCR

Terbaiknews - KOMPAS.com - Satgas Covid-19 meminta masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Tebet dan...

KOMPAS.com - Satgas Covid-19 meminta masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah Tebet dan Petamburan, Jakarta Selatan, serta Megamendung, Bogor, untuk segera melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Sebab, terdapat sejumlah kasus positif di wilayah tersebut.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, Doni Monardo mengimbau masyarakat di wilayah tersebut untuk segera mendaftarkan diri ke RT/RW di wilayahnya untuk mendapatkan tes PCR secara gratis.

“Kami telah menyebarkan rapid test swab antigen sebanyak 2.500 unit kepada Puskesmas yang wilayahnya berpotensi terjadi peningkatan kasus, seperti di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat,” kata Doni dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (22/11/2020).

Doni menambahkan, petugas RT/RW di Tebet, Petamburan, dan Megamendung dapat berkoordinasi dengan Puskesmas setempat agar masyarakatnya segera mendapatkan tes PCR gratis.

Selain itu, Doni juga menyarankan masyarakat yang berpartisipasi dalam penjemputan Habib Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta untuk melakukan tes PCR.

“Kami memohon kesadaran seluruh masyarakat di sekitar wilayah Tebet, Petamburan dan Megamendung, serta mereka yang turut menjemput Habib Rizieq untuk melakukan tes PCR demi melindungi diri serta keluarga,” imbuh Doni.

Dengan melakukan tes PCR, lanjut Doni, diharapkan dapat memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Apabila dalam pemeriksaan ada yang positif Covid-19, bisa langsung melakukan isolasi di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah, yaitu di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat,” kata Doni.

Doni menambahkan, per Jumat (20/11/202), ada 7 orang positif Covid-19 setelah tes PCR di Tebet. Lalu, di Megamendung ada 20 orang yang positif Covid-19. Sementara, di Tebet ada 50 orang yang positif Covid-19.

COVID-19 Detais Indonesia