Pertengahan Februari, Koleksi Museum Olahraga Ditarget Sudah Lengkap

Pertengahan Februari, Koleksi Museum Olahraga Ditarget Sudah Lengkap

Terbaiknews - –Kota Surabaya bakal punya destinasi wisata baruyakni Museum Olahraga. Lokasinya satu...

–Kota Surabaya bakal punya destinasi wisata baru, yakni Museum Olahraga. Lokasinya satu kompleks dengan Lapangan Thor di Jalan Patmosusastro No. 74 A, Darmo, Kecamatan Wonokromo. Museum rencananya dibuka pertengahan Februari. Hal itu diungkapkan Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana ketika melakukan peninjauan pada Senin (1/2/).

Di bangunan yang didominasi warna tangerine itu, terdapat ratusan koleksi dari berbagai cabang olahraga. Di antaranya, sepatu pemain Persebaya, panahan, hingga seragam atlet pencak silat. Cabang olahraga yang sudah tercatat di antaranya bulu tangkis, tenis lapangan, silat, karate, panahan, panjat tebing, atletik, biliar, voli pantai, sepak bola, dan lainnya.

”Secara prinsip sudah siap dibuka. Hanya saja, perlu menambah ornamen. Harusnya dalam waktu 2 minggu sudah siap dibuka. Kalau bisa dikebut 2 minggu, kenapa nggak dilakukan,” tutur Whisnu usai melakukan tinjauan.

Untuk pembukaan, pihaknya akan mengundang mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial. ”Bu Risma sudah siap. Kita akan mengundang beliau,” ujar Whisnu.

Menurut Whisnu, beberapa ornamen yang perlu ditambah adalah piala dan juga properti milik atlet berprestasi asal Surabaya. Whisnu kemudian menyebut beberapa atlet.

”Misalnya kaosnya Irianto (pemain Persebaya dan timnas) kalau memungkinkan juga dibawa. Nanti kalau memungkinkan, mau ngobrol sama Azrul (Presiden Persebaya),” kata Whisnu.

Whisnu menyebut, pertemuannya dengan Azrul juga akan membicarakan tentang kelanjutan sengketa lahan di Jalan Karanggayam Nomor 1 yang direncanakan menjadi home base Persebaya.

”Akan bicara soal home base juga. Bisa di-support,” ujar Whisnu.

Whisnu mengaku sebagai pecinta olahraga, dia akan terus mendorong penambahan koleksi. Salah satunya adalah medali emas olimpiade yang diraih atlet bulu tangkis Alan Budi Kusuma. ”Medali emas pertama itu kan belum ada. Kalau bisa dihubungi, ya dilakukan,” kata Whisnu.

Dengan target pembukaan pertengahan Februari, Whisnu mengonfirmasi bahwa Museum Olahraga bisa menjadi salah satu destinasi utama untuk warga Surabaya maupun pendatang. ”Tunggu buka dulu baru boleh dikunjungi,” ucap Whisnu.

Saksikan video menarik berikut ini: