Perlu Tahu, Ini Penjelasan WHO soal Mitos dan Fakta Vaksin Covid-19

Perlu Tahu, Ini Penjelasan WHO soal Mitos dan Fakta Vaksin Covid-19

Terbaiknews - KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) memberikan penjelasan mengenai fakta dan mitos yang...

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) memberikan penjelasan mengenai fakta dan mitos yang beredar di masyarakat seputar vaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Vaksin Imunisasi dan Biologi WHO Dr Kate O'Brien, Minggu (7/1/2021), melalui akun Twitter @WHO.

Ada banyak informasi yang beredar, salah satunya mengenai klaim bahwa vaksin Covid-19 disebut akan memengaruhi kesuburan dan perubahan DNA.

Bagaimana penjelasan WHO?

Pengaruh pada fertilitas

Ada rumor yang beredar bahwa vaksinasi Covid-19 dapat menganggu fertilitas atau kesuburan dalam menghasilkan keturunan.

Menanggapi informasi ini, Kate menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar atau mitos.

"Vaksin yang kami berikan tidak dapat menyebabkan infertilitas. Ini adalah rumor yang telah beredar tentang banyak vaksin yang berbeda dan rumor tersebut tidak benar," ujar Kate.

[HOAKS] Vaksin Covid-19 Pfizer Bisa Menyebabkan Wanita Mandul

Mengubah DNA

Vaksin Covid-19 yang saat ini beredar merupakan vaksin berbasis mRNA. mRNA berfungsi memberi instruksi kepada tubuh untuk membuat protein.

Kebanyakan vaksin dikembangkan dengan memberikan protein atau memberikan komponen kecil dari virus yang kita coba divaksinasi.

Melalui pendekatan baru, mRNA dapat memberi instruksi pada tubuh untuk membuat bagian kecil itu dan kemudian sistem kekebalan alami akan meresponsnya.