Penggantian Jembatan Rembun Pekalongan-Pemalang Selesai Maret 2021

Penggantian Jembatan Rembun Pekalongan-Pemalang Selesai Maret 2021

Terbaiknews - Kondisi jembatan Rembun di perbatasan wilayah Kabupaten Pekalongan-PemalangJawa Tengahditutup setelah ambles pada Kamis (4/2) malam. (Kutnadi/Antara)

–Balai Besar Pelaksaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-D.I. Jogjakarta menyatakan, penanganan darurat untuk penggantian jembatan Rembun II A dengan jembatan permanen diperkirakan selesai akhir Maret 2021. Jembatan tersebut akan menggunakan rangka baja bentang 50 meter.

”Hari ini (5/2) masih berlangsung pembongkaran lantai jembatan. Rangka baja jembatan lama akan ditarik ke sisi barat sedangkan jembatan rangka baja yang baru akan dirakit dari sisi timur,” kata Kepala BBPJN Jawa Tengah-D.I. Jogjakarta Satrio Sugeng seperti dilansir dari Antara di Pekalongan, Jumat (5/2).

Menurut dia, setelah selesai pembongkaran dan perakitan, selanjutnya akan dilakukan pemasangan. Sebab, fondasi jembatan masih dalam kondisi baik sehingga akan digunakan lagi.

Jembatan Rembun II A di perbatasan Kabupaten Pekalongan-Pemalang, kata dia, merupakan jembatan rangka baja Callender Hamilton (CH) yang dibangun pada 1977 atau berusia 44 tahun. Sehingga jembatan itu perlu diganti.

”Adapun dalam rencana jangka panjang, Jembatan Rembun diusulkan dengan konstruksi beton girder,” terang Satrio.

Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Jateng I Nyoman Yasmara mengatakan, pihaknya segera mendatangkan peralatan dan rangka baja, melakukan survei, dan melihat kondisi fondasi jembatan.

”Satu minggu ke depan akan kami lakukan pembongkaran jembatan. Saat ini, kami sedang memproses untuk mendatangkan peralatan maupun rangka baja,” kata I Nyoman Yasmara.

Menurut dia, perbaikan jembatan Rembun yang ambles pada Kamis (4/2) malam di sisi bagian selatan, diperkirakan membutuhkan waktu sekitar dua bulan.

”Kami masih fokus mengamankan lokasi dan pembongkaran jembatan. Evakuasi rangka badan jembatan menunggu alat berat,” ujar I Nyoman Yasmara.

Saksikan video menarik berikut ini: