Pemkot Surabaya Siapkan PPKM Mikro

Pemkot Surabaya Siapkan PPKM Mikro

Terbaiknews - Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. (Rafika Yahya/JawaPos.com)

–Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM dinilai efektif menekan angka positif Covid-19. Menjelang berakhirnya PPKM jilid dua pada 8 Februari, Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana tengah menggodok kebijakan PPKM mikro.

PPKM mikro merupakan penerapan pembatasan yang lebih mengerucut. Whisnu menyebut akan menggandeng kecamatan, kelurahan, RT, dan RW.

”Makanya, Senin (8/2) kita gelar coffee morning untuk jajaran Muspika, tiga pilar di kecamatan. Saya undang secara bergantian untuk persiapan, sekalian evaluasi PPKM jilid satu dan dua ini,” ujar Whisnu pada Sabtu (6/2).

Terkait kebijakan PPKM mikro, Whisnu menyatakan, pihaknya sudah siap apabila hal itu terlaksana. Untuk menyiapkan hal tersebut, ada beberapa langkah yang dilakukan. Seperti meningkatkan efektivitas Kampung Tangguh Wani Jogo Suroboyo.

”Selain itu, peningkatan kemampuan tracing dari petugas di lapangan juga terus dilakukan. Harapannya supaya mampu mempercepat penanganan temuan kasus Covid-19,” ujar Whisnu.

PPKM mikro, menurut Whisnu, lingkupnya akan lebih diperkecil dari dua edisi PPKM sebelumnya. Artinya, leading sector akan bergeser ke tingkat kelurahan.

”Kalau sekarang bicara PPKM satu dan dua leading sector di Satgas Kota. Nah, kalau mikro ini diperkecil lagi di tingkat kelurahan,” ucap Whisnu.

Saksikan video menarik berikut ini: