Pemkot Palembang Undang Investor Garap Pulau Kemaro

Pemkot Palembang Undang Investor Garap Pulau Kemaro

Terbaiknews - –Pemerintah Kota Palembang,Provinsi Sumatera Selatanmengundang investor dalam dan luar...

–Pemerintah Kota Palembang,Provinsi Sumatera Selatan, mengundang investor dalam dan luar negeri untuk menggarap Pulau Kemaro menjadi destinasi wisata unggulan.

Wali Kota Palembang Harnojoyo seperti dilansir dari Antara di Palembang mengatakan, pulau di delta Sungai Musi itu memiliki daya tarik untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata. Sebab, memiliki areal lebih luas dari kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

”Pulau Kemaro memiliki luas 25 hektare, sementara Ancol hanya 22 hektare. Artinya, jika investor mau mengembangkan terdapat ruang yang cukup untuk berkreasi,” kata Harnojoyo pada Sabtu (6/2).

Dia mengatakan, Pemkot Palembang telah memiliki konsep untuk pengembangan destinasi wisata tersebut. Yakni dengan mengadopsi lokasi wisata Ancol, Jakarta.

Nanti, tersedia wahana air, pusat jajanan, dan penginapan. Sejauh ini, sudah berada beberapa unit bungalow di lokasi tersebut.

”Dalam waktu dekat, kami akan membangun jembatan sehingga ada alternatif melalui jalan darat,” terang Harnojoyo.

Selain terus mempromosikan kawasan itu ke kalangan investor, Pemkot Palembang juga akan melakukan pendekatan ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Agar kawasan tersebut dijadikan destinasi wisata yang diprioritaskan untuk dikembangkan dalam waktu dekat.

”Pemkot juga akan melibatkan kalangan BUMD dan BUMN untuk turut melengkapi sarana dan prasarana di Pulau Kemaro,” tutur Harnojoyo.

Selama ini, Pulau Kemaro hanya ramai saat perayaan tahunan Cap Goh Meh dengan kunjungan wisatawan mencapai 40.000 orang.

Sementara itu, Ketua Umum Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kota Palembang Harrey Hadi mengatakan, untuk pengembangan pusat wisata air itu, pemkot akan menggunakan dana corporate sosial responsibilty (CSR) dari BUMN. Seperti Angkasa Pura, Pelindo, Pusri, Pertamina, danPLN.

”Tentu kami tidak hanya menggunakan dana APBD, tapi juga perlu dukungan investor karena butuh sekitar Rp 1,4 triliun, mulai dari bangun apartemen, pusat jajanan kuliner, wahana air anak-anak, resor, dan lainnya,” kata Harrey Hadi.

Saksikan video menarik berikut ini: