PDIP Akan Gelar Perayaan Harlah NU ke-95

PDIP Akan Gelar Perayaan Harlah NU ke-95

Terbaiknews - – Ketua Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi)Hamka Haqmenyatakan PDI Perjuangan (PDIP)...

– Ketua Umum Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Hamka Haq, menyatakan PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar perayaan khusus memperingati hari lahir (Harlah) Nahdatul Ulama (NU) ke-95pada 31 Januari 2021. Perayaan itu sebagai wujud solidaritas sebagai sesama Wong Cilik sekaligus peringatan atas indahnya kebersamaan kaum nasionalis dan Islam selama ini.

Hamka yang juga Ketua DPP PDIP itu mengatakan, perayaan itu akan dilakukan secara virtual.Acaranya akan mengambil tema ‘Rumah Nusantara’. Sebab PDIP memandang NU betul-betul telah menjadi rumah yang melindungi dan menaungi keragaman negeri ini.

Hamka mengatakan PDIP dan NU mempunyai visi yang sama perihal membela Wong Cilik, warga yang terpinggirkan. Mayoritas anggotanya adalah dari kalangan wong cilik, oleh Bung Karno disebut kaum Marhaen.Disebut Hamka, Bung Karno dalam Muktamar NU menyampaikan, bahwa persamaan antara NU dan kaum nasionalis karena kedua kelompok ini sama-sama cinta Tanah Air dan punya komitmen terhadap keadilan sosial.

“Spirit inilah yang akan terus dinyalakan agar negeri ini semakin solid dan jaya pada masa kini dan masa-masa mendatang. Maka peringatan Harlah NU ke-95 ini adalah juga wujud solidaritas dari PDI Perjuangan untuk NU sebagai sesama wong cilik,” kata Hamka, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/1).

Dia menambahkan perayaan itu adalah untuk juga merayakan indahnya kebersamaan kaum nasionalis yang direpresentasikan oleh PDIP dan Islam selama ini.NU dan PDIP memiliki banyak persamaan atu kesejalanan, baik dari sisi historis maupun dari sisi ideologi. Keduanya akan selalu berjalan beriringan.

Dijelaskan Hamka, jauh sebelum proklamasi kemerdekaan 1945, pada muktamar 1936 di Banjarmasin, NU memutuskan bahwa wilayah Nusantara Indonesia adalah Darul Islam secara kultural, bukan secara politik.Maksudnya, bahwa secara kultural, semua umat Islam harus diperlakukan sebagai Muslim tanpa melihat kualitas iman dan ibadahnya. Mereka akan dinikahkan, dilayani beribadah, dan diurus jenazahnya secara Islam. Bahkan jenazah yang tidak diketahui jelas agamanya, juga akan diurus secara Islam.

Dalam perkembangannya, seiring dengan perjuangan kaum Nasionalis, yang tergabung dalam PNI dan gerakan nasionalis lainnya, maka NU pun menerima gagasan Republik Indonesia. “Dengan demikian, NU sejak dahulu menjadi ormas keagamaan yang Nasionalis yang turut memelopori lahirnya NKRI,” kata Hamka.

Jika NU merupakan ormas religius nasionalis, maka di sisi lain, PDIP merepresentasikan diri sebagai penerus ideologi Nasionalis yang digagas oleh Soekarno.

“Tak dapat dipungkiri oleh siapapun, bahwa Bung Karno sebagai pentolan Nasionalis itu adalah juga sebagai pribadi yang amat religius, seorang Muslim taat, moderat, dan toleran. Dengan demikian PDI Perjuangan sebagai penerus cita-cita kenegaraan Bung Karno adalah partai nasionalis-religius, yang sangat beririsan dengan jati diri NU yang religius-nasionalis itu,” urai Hamka.

Fakta historis kepeloporan NU dalam sejaran Republik Indonesia, adalah ketika Hadhratus Syaikh Hasyim Asy`ari memfatwakan resolusi jihad nasional 22 Oktober 1945, atas permintaan Bung Karno. Ini dilakukan untuk menghadapi agresi sekutu pimpinan Inggris yang segera waktu itu mendarat di Surabaya.

Resolusi jihad tersebut menjadi ladasan perlawanan heroik rakyat Surabaya mengadapi Sekutu, mencapai puncaknya pada tanggal 10 November 1945.Lahirnya Resolusi Jihad tanggal 22 Oktober 1945 merupakan fakta bersejarah bagi perjuangan kaum santri melawan penjajah, yang kini diabadikan sebagai Hari Santri Nasional (HSN).Penetapan HSN tersebut adalah berkat kerjasama yang jitu antara NU dan PDIP, yang kemudian ditetapkan oleh Presiden Jokowi.

Hasil kerjasama lain yang begitu monumental ialah penetapan tanggal 1 Juni 1945 sebagai hari lahir Pancasila. “Berjuang keras bersama, dalam sejumlah seminar dan rapat-rapat akbar jamaah NU, dan setelah berhasil mematahkan penolakan dari pihak-pihak tertentu, akhirnya berhasillah ditetapkan secara resmi tanggal 1 Juni itu sebagai Hari lahir Pancasila,” pungkas Hamka.

Saksikan video menarik berikut ini: