Munarman dan ISIS hingga Ekonomi Indonesia Menuju Depresi

Munarman dan ISIS hingga Ekonomi Indonesia Menuju Depresi

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Pertumbuhan Indonesia kembali mengalami kontraksi di kuartal IV 2020. Badan...

Jakarta, IDN Times - Pertumbuhan Indonesia kembali mengalami kontraksi di kuartal IV 2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2020 sebesar minus 2,07 persen. Ekonomi Indonesia pun menuju depresi.

Tak hanya soal pertumbuhan ekonomi yang tidak menggembirakan, artikel lain yang menarik perhatian pembaca IDN Times, Jumat (5/2/2021) adalah soal pentolan Front Pembela Islam yang disebut-sebut terkait ISIS.

1. Ekonomi Indonesia mengarah ke depresi

Munarman dan ISIS hingga Ekonomi Indonesia Menuju DepresiIlustrasi pertumbuhan ekonomi (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2020 sebesar minus 2,07 persen. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV secarayear on year(yoy) juga mengalami kontraksi sebesar minus 2,19 persen.

Pada kuartal III, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebetulnya telah mengalami resesi. Sebab, di kuartal II terjadi minus 5,32 persen dan kuartal III minus 3,49 persen. Bagaimana ekonomi Indonesia menuju resesi? Baca penjelasannya di sini.

2. Beda istilah PPKM dan PSPB menurut Luhut Pandjaitan

Munarman dan ISIS hingga Ekonomi Indonesia Menuju DepresiMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diminta Presiden Jokowi untuk fokus menangani kasus Covid-19 di sembilan provinsi yang berkontribusi besar terhadap total kasus nasional (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN)Luhut Pandjaitanmenegaskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbeda.

Perbedaan itu terletak pada poin siapa yang mengusulkan dan memberi instruksi. Selengkapnya ada di sini.

3. Munarman terkait ISIS?

Munarman dan ISIS hingga Ekonomi Indonesia Menuju DepresiSekjen FPI Munarman (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Mantan Sekretariat Umum Front Pembela Islam (FPI), Munarman, mengaku tak kenal terduga teroris berinisial AA (30) yang ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri di Makassar, Sulawesi Selatan.

Nama AA disorot karena ia membuat pengakuan dalam bentuk video bahwa pada 2015 lalu pernah mengangkat janji setia kepada pimpinan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakr Al-Baghdadi. Nama Munarman disebut-sebut.

4. Anies Baswedan masuk daftar 21 Heroes 2021 bareng Elon Musk

Munarman dan ISIS hingga Ekonomi Indonesia Menuju DepresiAnies Baswedan usai Salat Jumat di Balai Kota DKI Jakarta (Dok. Istimewa)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinobatkan sebagai satu dari 21 orang berpengaruh di sektor transportasi dalam daftar 21 Heroes 2021 oleh Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Dalam daftar tersebut juga terdapat Elon Musk, pendiri dan CEO perusahaan roket Space X dan perusahaan mobil listrik Tesla. Siapa yang lainnya? Lihat di tautan ini.

5. Jakarta tidak merencanakan lockdown di akhir pekan!

Munarman dan ISIS hingga Ekonomi Indonesia Menuju DepresiIlustrasi perkantoran (IDN Times/Umi Kalsum)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan pihaknya tidak akan menerapkan kebijakan lockdown di akhir pekan. Lockdown akhir pekan di zona oranye dan merah COVID-19 sebelumnya sempat diusulkan anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay.

Anies mengatakan Ibu Kota masih terus menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Bermasyarakat (PPKM). Kebijakan itu, kata Anies, akan kembali diperpanjang. Selengkapnya di link berikut ini.