Minat Siswa Masuk Madrasah Melonjak Tajam

Minat Siswa Masuk Madrasah Melonjak Tajam

Terbaiknews - Ilustrasi guru Madrasah tengah mengajar para santrinya. Diketahuiminat atau animo masyarakat menyekolahkan anaknya ke madrasah akhir-akhir ini melonjak tajam. (Dok.JawaPos.com)

– Kementerian Agama (Kemenag) membaca tren minat masyarakat untuk bersekolah di madrasah. Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Ali Ramdhani menyebutkan, minat atau animo masyarakat menyekolahkan anaknya ke madrasah akhir-akhir ini melonjak tajam.

Pejabat kemenag yang akrab disapa Dhani itu mengatakan peningkatan animo tersebut menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap madrasah. Dia mengakui bahwa kualitas madrasah saat ini semakin menanjak.

“Saya berharap masyarakat lebih terlibat lagi dalam pengembangan madrasah ke depannya,” ujar Dhani dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Dhani juga menjelaskan, Kemenag terus berupaya keras menghadirkan pendidikan yang baik dalam mutu dan infrastruktur. Dalam beberapa tahun terakhir upaya itu telah membuahkan hasil dengan meningkatnya daya saing madrasah di bidang agama dan sains.

Di sisi lain madrasah diminta agar meningkatkan pelayanan jauh lebih baik. Sebab pelayanan itu merupakan tanggung jawab dan amanah dari masyarakat.

“Mari kita rawat bersama kepercayaan masyarakat agar menjadi energi tambahan, inspirasi dan motivasi bagi kita semua untuk mewujudkan performa madrasah yang jauh lebih baik,” tuturnya.

Dhani lantas mengatakan, di masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan saat ini, membuat sejumlah madrasah berada dalam masa stagnasi. Untuk itu dia berharap seluruh pemangku kebijakan madrasah lebih peduli memikirkan perkembangan madrasah di masa seperti ini.

Dia pun mengapresiasi upaya Komite Madrasah yang memberikan hibah tanah seluas 3.700 meter persegi untuk Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Banyuwangi. Menurutnya, hibah dari komite madrasah itu adalah sebuah amanah kepada pemerintah untuk dipergunakan semaksimal mungkin.

“Jarang sekali wakaf tanah diberikan untuk sekolah negeri. Padahal sebenarnya manfaatnya untuk anak-anak bangsa juga,” paparnya.

Kepala MTsN1 Banyuwangi Salman turut mengungkapkan bahwa minat masyarakat menyekolahkan anaknya ke madrasah yang ia pimpin mengalami peningkatan.

“Ini menandakan masyarakat memandang madrasah bukan sebelah mata. Tiga kompetensi literasi baca, literasi sains dan literasi numerik sekolah kami sudah di atas sekolah lainnya,” tandas Salman.