Lima Perusahaan BUMN Ini Sukses Pertahankan Merek di Tengah Pandemi

Lima Perusahaan BUMN Ini Sukses Pertahankan Merek di Tengah Pandemi

Terbaiknews - Ilustrasi PT Pertamina salah satu BUMN yang mendapatkan Iconomics Marketing Brands Award 2021 Millennial's Choice. (Dok. JawaPos)

–Lima perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianggap sukses mempertahankan ekuitas merek selama terjadinya pandemi Covid-19. Kelima BUMN tersebut yaitu PT Pertamina, PT Telkom, PT Telkomsel, PT Kimia Farma, dan PT Bank Tabungan Negara (BTN). Lima BUMN itu masuk dalam jajaran perusahaan yang mendapatkan Iconomics Marketing Brands Award 2021 Millennial’s Choice.

Founder CEO Iconomics Bram S. Putro mengatakan, tahun ini, menjadi tahun penuh tantangan. Sebab, semua institusi atau perusahaan telah bergelut dengan penurunan penjualan dan keterbatasan anggaran operasional yang memaksa mereka melakukan penyesuaian target.

”Sebagian industri masih berupaya untuk tetap membangun fondasi jangka menengah panjang dengan research and development (RD), branding, serta berbagai upaya go-to-market lainnya,” kata Bram melalui keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (6/2).

Menurut dia, dengan perekonomian yang berangsur pulih, berbagai institusi telah mulai berekspansi kembali untuk mempersiapkan diri pada 2021 dan tahun-tahun berikutnya.

”Sebagai entitas bagian dari ekosistem bisnis di Indonesia, kami memotivasi perusahaan untuk tetap memperhatikan ekuitas brand meski dalam situasi yang tidak mudah ini,” ujar Bram.

Adapun riset yang digunakan pada ruang lingkup merek produksi setiap kategori industri. Kriteria penilaiannya meliputi awareness, image, dan engagement. Riset yang dilakukan kepada lebih dari 10 ribu responden dilakukan secara online kepada responden milenial yang tersebar di 10 wilayah. Yakni Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, Makassar, dan Bali.

”Selain lima BUMN, sebanyak 70 lebih perusahaan swasta juga dinilai berhasil dalam mempertahankan ekuitas merek selama masa pandemi, baik perusahaan makanan, farmasi, perbankan, elektronik, komputer, finansial, dan lain-lain,” papar Bram.

Saksikan video menarik berikut ini: