Kenali Potensi dan Kemampuan Diri bersama AIESEC UPN Veteran Jakarta

Kenali Potensi dan Kemampuan Diri bersama AIESEC UPN Veteran Jakarta

Terbaiknews - JakartaIDN Times - AIESEC in UPNVeteran Jakarta (UPNVJ) mengadakan sebuah diskusi daring bertajuk...

Jakarta, IDN Times - AIESEC in UPNVeteran Jakarta (UPNVJ) mengadakan sebuah diskusi daring bertajuk “Impact Circle: dengan fokus pembahasan terkait “Engaging Mind Navigating the Future, Empowering Succes” pada 18 September 2020.

Dalam kondisi pandemik COVID-19, dengan agenda ini AIESEC in UPNVJ berusaha memberikan dampak positif di lingkungan sekitar. AIESEC in UPNVJ membuka wadah dan ruang diskusi untuk para pemuda, komunitas, dan media dalam berbagi pandangan, juga pendapat mengenai isu Sustainable Development Goals (SDGs).

AIESEC in UPNVJ sendiri merupakan organisasi kepemudaan yang berfokus pada pengembangan kemampuan kepemimpinan pemuda dan juga mendorong para pemuda untuk memberikan dampak positif di lingkungan sekitar.

1. AIESEC bantu kenali potensi dan kemampuan pemuda Indonesia

Kenali Potensi dan Kemampuan Diri bersama AIESEC UPN Veteran Jakarta

Seringkali ditemukan pemuda di Indonesia yang belum mengetahui potensi yang sebenarnya dimiliki oleh mereka. Bahkan, tidak jarang pemuda di Indonesia yang salah jalan akibat tidak mengetahui potensi dan kemampuan yang dimilikinya.

Permasalahan krusial ini menarik AIESEC in UPNVJ untuk membahasnya lebih lanjut dalam bentuk diskusi terbuka. Dengan tujuan membantu para pemuda dapat menentukan jalannya sendiri untuk menuju kesuksesan setelah mengetahui kemampuan dan potensi dalam diri mereka.

WalauImpact Circle kali ini dilaksanakan secara virtual, namun tidak menutup kemungkinan AIESEC in UPNVJ untuk tetap menghadirkan pembicara dan moderator yang menginsipirasi. Pembicara yang dihadirkan yakni, Endy Agustian, Kenny Hutomo, dan Kevin Henanta, dan Widiastuti Tyasayumranani sebagai moderator.

2. Identifikasi kemampuan dalam diri melalui pola pikir yang baik

Kenali Potensi dan Kemampuan Diri bersama AIESEC UPN Veteran Jakarta

New Channel Development Executive di L’Oreal Indonesia, Kenny Hutomo, menyampaikan sesi kedua “What” dalam diskusi, yakni membahas terkait tipdan trik untuk mengidentifikasi potensi dan kemampuan diri kita sendiri.

Kenny menyampaikan, untuk mengidentifikasi kemampuan dalam diri sendiri, hal yang harus dilakukan ialah have the right mindset. Semua hal hebat dapat dimulai dari pola pikir yang baik, dengan awalnya mencari tahu apa yang disukai oleh diri sendiri.

Setelah mencari tahu kesukaan diri sendiri, lalu mengambil tindakan berkelanjutan untuk hal yang disukai tersebut. Kemudian bila sudah melakukan kedua hal tersebut, kamu dapat melihat sudut pandang lain yang berbeda untuk menarik kesimpulan atas kesukaan tersebut.

Meski pun terlihat mudah untuk dilakukan, namun hal tersebut membutuhkan waktu untuk diterapkan dalam kehidupan ini. Gagal atau berhasil merupakan hasil akhir yang terkadang tidak bisa ditebak, setidaknya kamu mengetahui hal yang disukai dan harus dilakukan.

3. Pengembangan skill dalam diri sendiri

Kenali Potensi dan Kemampuan Diri bersama AIESEC UPN Veteran Jakarta

Sesi terakhir dari acara ini, yakni sesi “How” yang diberikan oleh Indonesia ASEAN Youth Ambassador 209, Kevin Henanta. Sesi ini membahas mengenai cara setiap pemuda dapat mengembangkan kemampuan dalam dirinya sendiri.

Kevinmenyampaikan, setiap orang perlu mengidentifikasi dirinya masing-masing. Kevin juga menambahkan, walaupun sudah jatuh berkali-kali, namun kita harus tetap semangat dan tidak mempedulikan orang lain yang meremehkan diri kita.

Acara ini juga berjalan dengan lancar dengan bantuan dan panduan dari moderator, yaitu Widiastuti Tyasayumranani yang merupakan presiden dari Indonesian Youth Opportunities in International Networking (IYOIN).

Terdapat lebih dari 500 orang yang dengan antusias mendaftar acara ini. Banyak pihak yang berpartisipasi dalam acara ini di antaranya, yaitu mahasiswa, dan delegasi dari komunitas-komunitas yang ada di Indonesia.

COVID-19 Detais Indonesia