Kalah Melawan Mantan Klub adalah Tamparan Telak bagi Jose Mourinho

Kalah Melawan Mantan Klub adalah Tamparan Telak bagi Jose Mourinho

Terbaiknews - Pelatih Chelsea Thomas Tuchel merayakan keberhasilan timnya mengalahkan Tottenham Hotspur. (Clive Rose / POOL / AFP)

– Kalah di kandang oleh mantan klub, Chelsea, sejatinya sudah menampar muka Jose Mourinho. Apalagi sampai kalah untuk kali ketiga secara beruntun. Chelsea-lah yang memberikan kekalahan ketiga bagi Mourinho dan tim asuhannya, Tottenham Hotspur, kemarin (5/2).

Sebaliknya bagi Chelsea. Kemenangan 1-0 atas Spurs kemarin membuat pelatih Thomas Tuchel bak meneruskan bulan madu bersama The Blues. Dua kali kemenangan dan sekali seri yang dicapai Tuchel terasa berarti karena Chelsea melaluinya tanpa pernah kebobolan.

Capaian yang tidak pernah bisa dilakukan pelatih Chelsea sebelumnya, Frank Lampard, di Premier League musim ini. Sebelum di Tottenham Hotspur Stadium, Cesar Azpilicueta dkk bermain 0-0 melawan Wolverhampton Wanderers (28/1), lalu menang 2-0 atas Burnley FC (31/1).

Efek domino juga dirasakan kiper Chelsea Edouard Mendy. Dia menjadi penjaga gawang The Blues tercepat kedua yang mampu membukukan sepuluh clean sheet. Mendy melakukannya dalam 18 matchweek. Yang tercepat adalah Petr Cech dengan 15 matchweek.

”Kami bertahan dengan sangat baik. Tugas saya berikutnya adalah membenahi ketajaman (para striker, Red) dan saya tidak akan menyalahkan siapa pun,” ucap Tuchel kepada Football London.

Dalam tiga laga bersama Tuchel, Chelsea mampu mencetak tiga gol. Memang bukan statistik buruk. Tetapi, para pencetak gol adalah dua bek (Azpilicueta dan Marcos Alonso) serta gelandang bertahan Jorginho.

Artinya, ada masalah dengan ketajaman para tukang gedor The Blues yang dihuni antara lain Timo Werner, Tammy Abraham, dan Olivier Giroud.