Jokowi Beberkan Pekerjaan Besar Rombak Habis Birokrasi RI

Jokowi Beberkan Pekerjaan Besar Rombak Habis Birokrasi RI

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah masih memiliki...

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah masih memiliki pekerjaan besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi yang selama ini masih terkesan kaku.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memberikan pengarahan secara virtual dalam peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI Tahun 2020, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (8/2/2021).

"Kita punya kerja besar untuk mengubah model pelayanan birokrasi yang selama ini kaku, terjebak pada hal yang bersifat prosedural, bersifat administratif dan menjadi pelayanan publik yang menekankan pada kecepatan, inovatif, berorientasi pada hasil," kata Jokowi.


Jokowi menegaskan pelayanan publik merupakan wajah konkret kehadiran negara kepada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, hal ini tidak bisa diganggu gugat.

"Negara disebutkan hadir jika mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang prima, yang cepat, yang profesional dan berkeadilan. Mewujudkan pelayanan publik yang prima memerlukan ikhtiar yang berkelanjutan," kata Jokowi.

Dalam situasi krisis seperti ini, Jokowi menekankan agar seluruh pihak mampu mengubah frekuensi dari normal menjadi frekuensi yang extraordinary. Cara kerja, kata dia, pun harus berubah.

"Dari yang rutinitas menjadi cara kerja yang inovatif dan selalu mencari smart shortcut," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)