Jalur Singapura-Indonesia Siap Dibuka, Pemko Batam Siapkan 9 Hotel

Jalur Singapura-Indonesia Siap Dibuka, Pemko Batam Siapkan 9 Hotel

Terbaiknews - BatamIDN Times - Pemerintah Kota Batam membentuk tim kecil untuk persiapan Travel Corridor...

Batam, IDN Times - Pemerintah Kota Batam membentuk tim kecil untuk persiapan Travel Corridor Arrangement (TCA) pada 26 Oktober 2020 mendatang. Tim kecil ini merupakan turunan dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Batam.

“Tim ini masih tim kecil, bukan tim gabungan dari kedua negara. Karena kami masih menunggu petunjuk teknis dari pusat,” ujar Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, Jumat (16/10/2020).

1. Sudah cek kondisi pelabuhan

Jalur Singapura-Indonesia Siap Dibuka, Pemko Batam Siapkan 9 HotelPejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum (Margaretha Nainggolan, IDN Times)

Mengenai persiapan lainnya, Syamsul mengatakan pihaknya beserta stakeholder terkait telah mengecek kondisi pelabuhan. Pengecekannya mulai dari penumpang turun dari kapal, masuk ke ruang kedatangan untuk pemeriksaan imigrasi hingga ke ruang kedatangan.

“Protokol kesehatan sudah diterapkan, karena pelabuhan Batam Centre masih melayani kepulangan PMI (Pekerja Migran Indonesia),” kata dia.

Kesiapan pelabuhan yang utama yaitu mengenai penerapan protokol kesehatan. Di antaranya jaga jarak, ruang isolasi sementara bagi penumpang terindikasi COVID-19 dan ketersediaan ruangan dengan jalur udara memadai.

2. Siapkan 9 hotel menunggu hasil swab Keluar

Jalur Singapura-Indonesia Siap Dibuka, Pemko Batam Siapkan 9 HotelPersiapan pihak hotel untuk menerima isolasi pasien COVID-19. Dok. Kemenparekraf

Pihaknya juga telah menunjuk 9 hotel di Batam sebagai tempat bagi Warga Negara Asing (WNA) dari Singapura yang menunggu hasil pemeriksaan swab. Karena syarat khusus TCA harus swab ulang begitu tiba di negara yang dituju.

“Begitu sampel swab diambil, empat jam hasilnya sudah tahu, sementara itu mereka menunggu di hotel yang ditunjuk tersebut baru boleh berbisnis,” jelasnya.

3. Lokasi pengambilan sampel swab masih digodok

Jalur Singapura-Indonesia Siap Dibuka, Pemko Batam Siapkan 9 HotelIlustrasi Tes Usap/PCR Test. IDN Times/Hana Adi Perdana

Sementara itu, pihak yang ditunjuk untuk melakukan pemeriksaan swab sudah ada Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) dan Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam. Namun mengenai tempat pengambilan sampel swab, Syamsul mengatkan lokasinya masih dibicarakan.

“Bisa saja di hotel, di rumah sakit, ataupun di pelabuhan,” kata dia.

Untuk TCA ini,ada syarat khusus yang harus dipenuhi yaitu setiap orang yang akan masuk ke negara lain wajib melampirkan hasil swab test Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan hasil negatif. Begitu tiba di negara bersangkutan juga wajib melakukan pemeriksaan swab

4. Pihak pelabuhan siap terima WNA saat TCA diberlakukan

Jalur Singapura-Indonesia Siap Dibuka, Pemko Batam Siapkan 9 HotelPetugas imigrasi melakukan pemeriksaan keimigrasian terhadap penumpang warga negara asing (WNA) yang baru tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (5/2/2020). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Manager Operasional PT Sinergy Tarada sebagai pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre, Nika Astaga memastikan pihaknya telah siap menerima WNA pada saat TCA diberlakukan.

“Selama ini kita sudah siap, bahkan pelabuhan ini tetap beroperasi karena ada PMI yang kita pulang tiap harinya,” ujarnya.

COVID-19 Detais Indonesia