Inovasi Digital PUPR Bantu Pengembang

Inovasi Digital PUPR Bantu Pengembang

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP)Kementerian Pekerjaan...

Jakarta, CNBC Indonesia - Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui inovasi Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) mendapatkan apresiasi dari Perum Perumahan Nasional.

Perwakilan dari Perum Perumahan Nasional (Perumnas), Wahyu Wardana mengakui bahwa inovasi yang dilakukan PPDPP sangat membantu pengembang dalam mengerjakan proyek perumahan.

"Inovasi yang luar biasa dari PPDPP, hal inilah yang membantu pengembang mempromosikan proyek-proyek kami di luar daerah. Kami siap mendukung semua program kerja dari PPDPP" ujar Wardana.


Tak hanya itu, kebutuhan akan penyesuaian pemahaman perkembangan teknologi juga disadari oleh para pengembang. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua DPW Gorontalo Asosiasi Pengusaha Perumahan Indonesia (Apperindo), Mohamad Mustafa. Menurutnya pengembang harus siap terhadap penyesuaian perkembangan teknologi yang diterapkan oleh PPDPP.

Informasi saja, Aplikasi SiPetruk bertujuan untuk memastikan setiap perumahan yang dibangun sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Aplikasi ini baru akan diluncurkan pada pertengahan Desember 2020 mendatang.

Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin kepada CNBC Indonesia mengatakan hal ini terutama difokuskan pada keselamatan sebuah bangunan, dalam hal ini adalah rumah.

"Kualitas aspek, komponen bangunan yang tidak tampak menjadi prioritas kita kawal. Kalau lantai saya percayakan. Kalau struktur, pondasi, sesuatu yang tidak bisa dilihat, ini akan fokus mengawal," katanya.

Terkait dengan berjalannya sistem pada SiPetruk, PPDPP akan bekerjasama dengan Direktorat Bina Konstruksi. Tentunya, dalam menyediakan data pada aplikasi akan melibatkan orang-orang yang kompeten di bidangnya yang nantinya akan menjadi mitra.

"Mitra itu kalau Oke, dia akan ambil sekian rumah dan akan melakukan pemantauan dengan foto. Selanjutnya rumah itu akan masuk pada aplikasi SiKumbang, yang nanti akan dimunculkan pada aplikasi SiKasep," terangnya

SiKasep merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan. Aplikasi ini akan memudahkan masyarakat yang ingin membeli rumah. Di dalam aplikasi tersebut nantinya akan digambarkan dengan detail, mulai dari lokasi hingga konstruksi rumah yang diinginkan. Sistem ini nantinya memang dibuat untuk terintegrasi dengan SiKasep dan SiKumbang.

Selain SiKasep, ada pula aplikasi Sistem Informasi untuk Pengembang (SiKumbang). Aplikasi ini merangkul hampir seluruh pengembang di Indonesia. Adapun Sipetruk dan Sikumbang akan ada pada satu aplikasi yaitu SiKasep, yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat saat ini membeli rumah.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)

COVID-19 Detais Indonesia