Indonesia Harus Tunggu 10 Tahun Lebih agar Bisa Bebas dari COVID-19 

Indonesia Harus Tunggu 10 Tahun Lebih agar Bisa Bebas dari COVID-19 

Terbaiknews - JakartaIDN Times - Indonesia kemungkinan harus menunggu 10 tahun lebih untuk bisa bebas dari...

Jakarta, IDN Times - Indonesia kemungkinan harus menunggu 10 tahun lebih untuk bisa bebas dari pandemik COVID-19. Hal itu terungkap bila dihitung berdasarkan kecepatan vaksinasi di dunia saat ini yang dianalisis dari databaseBloomberg.

Dilansir Strait Times, database yangmemprediksi kapan sebuah negara bisa bebas dari pandemik COVID-19 di dunia, Indonesia bersama Rusia dan India menjadi negara paling bontot untuk bisa bebas dari pandemik COVID-19.

Sementara Tiongkok diperkirakan harus menghabiskan 5,5 tahun agar bisa terbebas dari virus berbahaya tersebut.

1. Masalah perekonomian bisa berdampak pada pengadaan vaksin

Indonesia Harus Tunggu 10 Tahun Lebih agar Bisa Bebas dari COVID-19 Ilustrasi vaksin (ANTARA FOTO/AAP Image/David Mariuz via REUTERS)

Strait Times mengatakan, bisa saja pandemik COVID-19 berakhir lebih cepat dari perkiraan mengacu pada distribusi vaksin yang terus meningkat.

Namun, masalah perekonomian dunia dapat menyebabkan terkendalanya vaksinasi dunia, terlebih bagi negara-negara yang tergolong miskin atau tidak mampu.

"Proyeksi tersebut menempatkan negara-negara kaya di bawah tekanan intensif untuk membagikan stok vaksin mereka, meskipun publik mungkin tidak mendukung kemurahan hati tersebut," tulis Strait Timespada Sabtu (6/2/2021).

2. Tiga negara diperkirakan lebih cepat pulih

Indonesia Harus Tunggu 10 Tahun Lebih agar Bisa Bebas dari COVID-19 London Bridge, Inggris (IDN Times/Isidorus Rio)

Vaksinasi diberikan lebih cepat di negara yang lebih kaya daripada negara lainnya, salah satunya Eropa Walhasil, negara-negara di Benua Biru cenderung bisa menyelesaikan pandemik COVID-19 lebih singkat daripada negara-negara lainnya.

Di luar negara-negara yang diperkirakan lebih cepat pulih, ada tiga negara yang diprediksi bisa menuntaskan pandemik itu dalam kurun waktu kurang dari setahun, yakni Israel, Uni Emirat Arab, Inggris dan Amerika Serikat.

3. Butuh rata-rata 7 tahun untuk dunia pulih dari COVID-19

Indonesia Harus Tunggu 10 Tahun Lebih agar Bisa Bebas dari COVID-19 Ilustrasi prediksi berakhirnya COVID-19 negara-negara di dunia (IDN Times/Arief Rahmat)

Pakar penyakit menular Amerika Serikat (AS) Dr Anthony Fauci, telah menyarankan 70 persen hingga 85 persen dari keseluruhan populasi divaksinasi agar suatu negara kembali normal.

"Israel, negara dengan tingkat vaksinasi tertinggi di dunia saat ini, menuju cakupan 75 persen hanya dalam dua bulan. Begitu juga dengan Uni Emirat Arab. Amerika Serikat akan sampai di sana tepat pada waktunya untuk merayakan Tahun Baru 2022," tulis Strait Times.