Hoax Tanzania Zero Covid-19

Hoax Tanzania Zero Covid-19

Terbaiknews - PENGELOLAakun Facebook Jon Arje tampaknya sangat yakin bahwa pandemi Covid-19 hanyalah rekayasa. Dia...

PENGELOLAakun Facebook Jon Arje tampaknya sangat yakin bahwa pandemi Covid-19 hanyalah rekayasa. Dia pun menyebar ulang kabar adanya negara yang sama sekali tidak terpapar virus korona baru itu, yakni Tanzania. Lalu, dia menyebut isu pandemi Covid-19 tersebut terkait uang.

”Di Indonesia, covid 19 adalah dana,” tulis akun tersebut pada 28 Januari 2020. Akun Jon Arje juga menyertakan beberapa tagar yang memperlihatkan ketidakpercayaannya pada Covid-19. Misalnya, menuding isu pandemi sebagai pembodohan. Dia juga menilai siapa pun yang percaya adanya Covid merupakan orang yang lemah jiwanya (bit.do/TidakAdaCovid).

Klaim bahwa tidak ada kasus Covid-19 di Tanzania itu tentu keliru besar. Situs resmi milik organisasi kesehatan dunia, covid-19.who.int, selalu meng-update angka penularan di negara yang terletak di Afrika Timur itu. Meski lama tidak dilaporkan adanya kasus baru, angka positif Covid-19 di Republik Bersatu Tanzania tercatat 509 kasus Covid-19. Sebanyak 21 orang di antaranya meninggal dunia.

Situs itu juga memperlihatkan grafik persebaran kasus positif di Tanzania sejak tahun lalu. Peningkatan kasus yang cukup signifikan terjadi pada 30 April 2020 dengan 180 orang terkonfirmasi positif. Pada tanggal yang sama, kasus kematian meningkat dengan total enam orang meninggal dunia. Data itu mematahkan narasi bahwa di Tanzania tidak ada kasus positif Covid-19. Anda dapat membacanya di bit.do/21OrangMeninggal.

Sementara itu, kabar bahwa Tanzania tidak memberlakukan tes Covid-19 juga menyesatkan. Mengutip berita dari portal All Afrika yang terbit pada 12 Januari 2021, pemerintah Tanzania justru mewajibkan semua warganya melakukan tes Covid-19. Menurut Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Dr Dorothy Gwajima, kewajiban tes itu merupakan bagian dari tindakan pencegahan penularan Covid-19.

Arab Saudi Blacklist Indonesia, Haji 2021 Terancam Batal

Tes diwajibkan kepada setiap individu yang bepergian, baik yang masuk maupun keluar Tanzania. Semua yang menjalani mobilitas itu, baik untuk urusan bisnis maupun wisata, wajib dilengkapi sertifikat tes PCR Covid-19 negatif. Anda dapat membacanya di bit.do/WajibNegatif.

FAKTA

Informasi yang menyebut Tanzania bebas Covid-19 itu keliru. Berdasar laporan dari situs milik WHO, hingga kini tercatat 509 kasus positif dan 21 orang meninggal. Tanzania juga mewajibkan warganya melakukan tes Covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini: