FDR Black Box Sriwijaya Ditemukan hingga Heboh Harun Masiku Meninggal

FDR Black Box Sriwijaya Ditemukan hingga Heboh Harun Masiku Meninggal

Terbaiknews - JakartaIDN Times -Tepat empat hari setelah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor registrasi...

Jakarta, IDN Times -Tepat empat hari setelah jatuhnya pesawat Sriwijaya Air dengan nomor registrasi SJY 182, tim SAR Basarnas menemukan Flight Data Recorder (FDR) kotak hitam pesawat. Temuan ini memberikan titik terang untuk mengetahui penyebab kecelakaan pesawat yang mengangkut 62 penumpang.

Tak hanya soal temuan kotak hitam, pernyataan Komite Nasional Keselamatan Transportasi bahwa pesawat tidak meledak juga menyedot perhatian pembaca IDN Times sepanjang hari ini, Selasa (12/1/2021).

Beberapa artikel menarik lainnya juga menjadi perhatian pembaca.

1. Alhamdulillah, black box pesawat Sriwijaya Air SJY 182 ditemukan

FDR Black Box Sriwijaya Ditemukan hingga Heboh Harun Masiku MeninggalKotak hitam FDR Sriwijaya Air SJ 182 diserahkan TNI AL ke Basarnas dan KNKT di JICT 2, Tanjung Priok, Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Sandy Firdaus)

Tim penyelam TNI Angkatan Laut akhirnya berhasil menemukan kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Kotak hitam atau black box tersebut ditemukan di sekitar Pulau Laki-Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Selasa sekitar pukul 16.20 WIB.

Kotak hitam yang ditemukan merupakan Flight Data Recorder (FDR). Tim SAR masih mencari Cockpit Voice Recorder (CVR) di perairan Kepulauan Seribu. Selengkapnya ada di link ini.

2. KNKT sebut Sriwijaya Air tidak meledak

FDR Black Box Sriwijaya Ditemukan hingga Heboh Harun Masiku MeninggalBagian pesawat, pakaian, dan tas korban Sriwijaya Air yang ditemukan tim penyelam TNI AL di KRI Kurau. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya sudah mengumpulkan data dari radar (ADS-B) dan Perum LPPNPI (Airnav Indonesia) terkait investigasijatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJY 182.

Dari data tersebut, tercatat pesawat mengudara pada pukul 14.36 WIB dan terbang menuju arah barat laut. Pada pukul 14.40 WIB, pesawat mencapai ketingian 10.900 kaki dan mulai turun hingga pada ketinggian 250 kaki.

di tautan ini.

3. Publik bisa saksikan suntik vaksin untuk Jokowi, Rabu besok

FDR Black Box Sriwijaya Ditemukan hingga Heboh Harun Masiku MeninggalPengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo dipastikan akan disuntikvaksin COVID-19, Rabu (13/1/2021) besok. Pihak Istana juga memastikan bahwa Presiden Jokowi akan menjadi orang pertama yang divaksin di Indonesia.

"Rencana besok pagi penyuntikan vaksin perdana untuk Presiden. Kami (Sekretariat Presiden) sedang mempersiapkan dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk pengaturan tata cara vaksinasi," kata Deputi bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kepada wartawan. Selengkapnya baca di sini.

4. Gugatan praperadilan Rizieq Shihab ditolak, ternyata ini alasan hakim

FDR Black Box Sriwijaya Ditemukan hingga Heboh Harun Masiku MeninggalRizieq Shihab tiba di Jakarta dengan mengenakan masker (Tangkapan layar YouTube Front TV)

Hakim tunggal Akhmad Sahyuti memutuskan menolak gugatan praperadilan yang diajukan Rizieq Shihab. Sahyuti menilai, penetapan Rizieq sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, sah dan sesuai prosedur.

"Menimbang bahwa ada bukti termohon I (Polda Metro Jaya), ternyata pemohon (Rizieq) sudah dipanggil sebanyak dua kali padahal pemohon wajib datang. Menimbang, baik pemohon sebagai saksi harus memenuhi pemanggilan. Oleh karena tidak memenuhi, itu melanggar kewajiban," kata Sahyuti.

5. Heboh buronan KPK, Harun Masiku, sudah meninggal dunia

FDR Black Box Sriwijaya Ditemukan hingga Heboh Harun Masiku Meninggal(Kader PDI Perjuangan Harun Masiku) www.facebook.com/dwi.jepray.bagjana

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyebut eks calon legislatif PDI Perjuangan, Harun Masiku, sudah meninggal dunia. Menanggapi pernyataan MAKI, Plt Jubir Bidang Penindakan KPK Ali Fikri meyakini Harun masih hidup.

"Sejauh ini tidak ada informasi valid yang KPK terima terkait meninggalnya buronan tersebut," ucap Ali saat dikonfirmasi, Selasa (1/12/2021).

Bagaimana fakta sesungguhnya? Lihat di tautan berikut ini.

COVID-19 Detais Indonesia