FDR Black Box Sriwijaya Air Ditemukan, Panglima TNI Sebut Operasi Belum Selesai

FDR Black Box Sriwijaya Air Ditemukan, Panglima TNI Sebut Operasi Belum Selesai

Terbaiknews - - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskanproses evakuasi belum berakhir sekalipun...

, - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan, proses evakuasi belum berakhir sekalipun flight data recorder (FDR) kotak hitam pesawat Sriwijaya Air SJ 182 sudah ditemukan pada Selasa (12/1/2021), sekitar pukul 16.40 WIB.

"Operasi belum selesai," kata Panglima TNI dalam konferensi pers di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2021) petang.

Panglima TNI menegaskan, tim gabungan masih mempunyai tugas untuk melakukan proses evakuasi lanjutan, baik evakuasi korban maupun penangkatan potongan tubuh pesawat.

Panglima TNI Sebut Kotak Hitam yang Ditemukan FDR, CVR Masih Dicari

Eks Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ini mengatakan, evakuasi potongan tubuh pesawat bertujuan untuk melengkapi data yang diperlukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Sehingga apa yang ada di titik ditemukannya pesawat SJ 182 akan terus kita lakukan evakuasi korban dan potongan pesawat," kata Panglima TNI.

Diketahui, kotak hitam terdiri dari dua perangkat, yakni CVR atau yang dikenal perangkat percakapan dalam kokpit pesawat dan FDR yang berisikan rekaman data penerbangan.

Temuan CVR pun diharapkan segera teralisasi. Mengingat, dua perangkat dari kotak hitam ini sangat krusial untuk menjadi bahan identifikasi pihak terkait guna mengetahui penyebab jatuhnya Sriwijaya Air.

Kronologi Penemuan FDR Kotak Hitam Sriwijaya Air SJ 182...

Adapun FDR kotak hitam Sriwijaya Air semula ditemukan tim penyelam sekitar pukul 14.00 WIB, Selasa (12/1/2021). Namun, temuan awal ini ternyata hanya bagian pecahan FDR.

Petugas gabungan lalu melanjutkan kembali misi pencarian. Tepat sekitar pukul 16.40 WIB, petugas berhasil menemukan dan mengangkat FDR ke daratan.

COVID-19 Detais Indonesia