Duh! Keterisian Tempat Tidur & Ruang Isolasi DKI Hampir Penuh

Duh! Keterisian Tempat Tidur & Ruang Isolasi DKI Hampir Penuh

Terbaiknews - JakartaCNBC Indonesia - Tingkat keterisian tempat tidur dan ruang isolasi di sejumlah rumah sakit...

Jakarta, CNBC Indonesia - Tingkat keterisian tempat tidur dan ruang isolasi di sejumlah rumah sakit yang terbesar di berbagai provinsi besar saat ini tidak ada yang berada di bawah 60%.
Hal tersebut dikemukakan Juru Bicara Pemerintah untuk PenangananÂCovid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (12/1/2021).
"Di DKI Jakarta saja tingkat keterisian sudah di atas 80% dan sebentar lagi akan penuh," kata Wiku.
Wiku mengatakan, apabila tingkat keterisian tempat tidur dan ruang isolasi penuh 100%, maka akan sulit bagi tenaga kesehatan untuk menangani para pasien Covid-19 karena sumber daya manusia yang terbatas.


"Sebagai gambaran dengan tingkat keterisian 60 sampai 70% petugas kesehatan sudah sangat kewalahan menangani pasien Covid-19," katanya.
"Apabila terus meningkat maka beban tenaga kesehatan akan semakin besar dan potensi penularan Covid-19 pada petugas kesehatn juga akan semakin meningkat," jelasnya.
Wiku menegaskan saat ini tenaga kesehatan masih menjadi garda terdepan dalam memerangi wabah Covid-19. Menurut dia, dibutuhkan kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mengatasi hal ini.
"Perlu adanya kerja sama bahu membahu dari pihak penyelenggara rumah sakit untuk bersedia mengalihfungsikan fasilitas yang tersedia untuk layanan Covid-19 untuk sementara waktu," tegasnya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)

COVID-19 Detais Indonesia